PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ATLET BOLA BASKET MELALUI EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET (Study di SMA Negeri 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun 2015)


Muhamad Faiq Alfaz , 6301411208 (2016) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ATLET BOLA BASKET MELALUI EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET (Study di SMA Negeri 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411208.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelatih menerapkan pendidikan karakter melalui ekstrakulikuler bola basket di SMA Negeri 1 Wiradesa? 2) Bagaimana siswa/atlet menerapkan pendidikan karakter melalui ekstrakulikuler bola basket di SMA Negeri 1 Wiradesa?, 3) Bagaimana tanggapan siswa sebagai atlit bola basket mengenai penerapan pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri 1 Wiradesa? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah 10 narasumber, terdiri dari 1 guru BK,1 Pelatih bola basket, 8 siswa ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 1 Wiradesa tahun 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi langsung, dan pencatatan dokumen, dalam menganalisis data, setelah pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga alur kegiatan dari Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sumber penelitian yang digunakan adalah dari informan yang ditunjang dengan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan diketahui bahwa, 1) Pelatih menerapkan pendidikan karakter melalui latihan bola basket, 2) Siswa/atlet menerapkan pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler bola basket, 3) Respon siswa/atlet dalam penerapan pendidikan karakter bervariatif, siswa/atlet yang memahami penidikan karakter secara konsep justru kurang dalam penerapan pendidikan karakter, sedangkan siswa yang kurang memahami pendidikan karakter secara konsep justru menerapkan pendidikan karakter. Saran yang diajukan adalah supaya sekolah juga menyediakan media pembelajaran saat kegiatan ekstrakurikuler bola basket, pelatih juga harus lebih bisa mengkondisikan atlet supaya lebih bisa disiplin dalam hal kerjasama tim, Pelatih seharusnya juga ikut memantau perkembangan pendidikan karakter pada atletnya, baik pada saat jam latihan maupun diluar jam latihan, dengan memantau melalui guru BK atau guru Pembina kegiatan ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 1 Wiradesa, Pada siswa/atlet yang belum menerapkan pendidikan karakter secara maksimal, sebaiknya diberikan pemahaman secara khusus, oleh guru mata pelajarn di sekolah, guru bimbingan konseling, maupun pelatih kegiatan ekstrakurikuler bola basket, sehingga siswa/atlet bisa menerapkan pendidikan karakter secara maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler bola basket, Penerapan pendidikan karakter
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 28 Nov 2017 15:27
Last Modified: 28 Nov 2017 15:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27860

Actions (login required)

View Item View Item