PENGARUH SENAM BUGAR LANSIA INDONESIA TERHADAP PENURUNAN TINGKAT DEPRESI PADA WANITA LANSIA (Eksperimen Paguyuban Lansia Nusa Indah Kab. Banyumas Usia 60-69)


Oktaviana Puji Wahyuningtyas , 6301411197 (2016) PENGARUH SENAM BUGAR LANSIA INDONESIA TERHADAP PENURUNAN TINGKAT DEPRESI PADA WANITA LANSIA (Eksperimen Paguyuban Lansia Nusa Indah Kab. Banyumas Usia 60-69). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411197.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Depresi adalah salah satu bentuk gangguan kejiwaan pada alam perasaan (affective/mood disorde), yang ditandai dengan kemurungan, kelesuaan, ketiadaan gairah hidup, perasaan tidak berguna, putus asa dan lain sebagainya. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu “apakah ada pengaruh Senam Bugar Lansia Indonesia terhadap penurunan depresi pada wanita lansia usia 60-69 di Paguyuban Lansia Nusa Indah kabupaten Banyumas tahun 2015?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam bugar lansia indonesia terhadap penurunan tingkat depresi. Metode penelitian menggunakan metode exsperimen. Jumlah sampel sebanyak 16 orang yang diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan angket skala depresi, sedangkan analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infersial uji t. Hasil penelitian menunjukan rata-rata sampel setelah melakukan Senam Bugar Lansia Indonesia mampu menurunkan tingkat depresi rata-rata sebesar 44.3142 pada kelompok eksperimen. Simpulan penelitian adalah ada pengaruh Senam Bugar Lansia Indonesia terhadap penurunan tingkat depresi pada wanita lansia usia 60-69 sebesar 44.3142. Saran dari penelitian ini adalah anggota Paguyuban Nusa Indah untuk rutin melakukan senam minimal 3 kali dalam 1 minggu. Pengecekan kebugaran dan kesehatan bagi anggota minimal 1 bulan sekali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Senam Bugar Lansia Indonesia, Depresi.
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 28 Nov 2017 15:23
Last Modified: 28 Nov 2017 15:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27858

Actions (login required)

View Item View Item