PENGARUH SENAM KEBUGARAN JASMANI 2012 TERHADAP KOORDINASI TUBUH SISWA KELAS IV DAN V SDN GARANGAN TAHUN 2015


Danang Pranoto Kawiriyan , 6301411196 (2016) PENGARUH SENAM KEBUGARAN JASMANI 2012 TERHADAP KOORDINASI TUBUH SISWA KELAS IV DAN V SDN GARANGAN TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411196.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Koordinasi adalah kemampuan seseorang untuk merangkai beberapa unsur gerak menjadi suatu gerakan yang selaras sesuai dengan tujuannya atau kemampuan menampilkan tugas gerak dengan luwes dan akurat yang seringkali melibatkan perasaan. SKJ 2012 adalah senam yang rangkaian gerakannya telah di susun secara sistematis dan mudah di lakukan, terdiri atas latihan pemanasan yang terdiri 11 gerakan, inti gerakannya 5 jenis gerakan, serta latihan pendingian (Cooling down). Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai sig = 0,000 dengan thitung = 3,369 > ttabel 2,262, jadi Ho ditolak atau Ha diterima. Jadi ada pengaruh latihan senam kebugaran jasmani 2012 terhadap koordinasi tubuh antara data pretest dan data posttest pada kelompok eksperimen. Dengan kata lain latihan senam kebugaran jasmani 2012 dapat meningkatkan koordinasi tubuh pada siswa kelas IV dan V SDN Garangan tahun 2015. Saran : 1) Bagi siswa untuk meningkatkan koordinasi tubuh dapat berlatih dengan menggunakan senam kebugaran jasmani 2012, 2) Bagi guru untuk meningkatkan koordinasi tubuh siswa dapat menggunakan latihan senam kebugaran jasmani 2012, 3) Bagi peneliti lain yang akan meneliti tentang SKJ 2012 selanjutnya agar lebih relevan dan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Koordinasi, Senam Kebugaran Jasmani 2012
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 28 Nov 2017 15:17
Last Modified: 28 Nov 2017 15:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27857

Actions (login required)

View Item View Item