PENGARUH LATIHAN PUKULAN DENGAN POSISI BERUBAH DAN POSISI TETAP TERHADAP HASIL PUKULAN OVERHEAD LOB (Studi Eksperimen pada Pemain Bulutangkis Usia 11-14 tahun Club Gatra Semarang Tahun 2016)


Moh Khoirul Umam , 6301411192 (2016) PENGARUH LATIHAN PUKULAN DENGAN POSISI BERUBAH DAN POSISI TETAP TERHADAP HASIL PUKULAN OVERHEAD LOB (Studi Eksperimen pada Pemain Bulutangkis Usia 11-14 tahun Club Gatra Semarang Tahun 2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411192.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil pukulan harus didukung dengan pukulan posisi berubah dan tetap. Permaslahan penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh latihan pukulan dengan posisi berubah terhadap hasil overhead lob?, 2) Apakah ada pengaruh latihan pukulan dengan posisi tetap terhadap hasil overhead lob ?, 3) Apakah ada perbedaan pengaruh latihan pukulan dengan posisi tetap dan posisi berubah terhadap hasil overhead lob ?. Desain penelitian ” Matched Subject Ordinal Pairing pre-post-test control grup design”. Penelitian ini variabel bebasnya pukulan posisi berubah dan tetap, sedangkan variabel terikatnya overhead lob. Jumlah sampel penelitian 12 orang. Hasil analisis data 1) nilai t-tes eksperimen 1 yang diberi latihan pukulan posisi berubah diperoleh t hitung = 8.000, berarti ada pengaruh. 2) niliai t-tes eksperimen 2 yang diberi latihan pukulan posisi tetap di peroleh t hitung = 11.619, berarti ada pengaruh. 3) Hasil analisis data post test eksperimen 1 dan eksperimen 2 diperoleh t hitung = 0.415, berarti tidak ada pengaruh antara kedua latihan. Simpulan dari penelitian ini adalah 1) ada pengaruh latihan pukulan posisi berubah terhadap hasil overhead lob, 2) ada pengaruh latihan pukulan posisi tetap terhadap hasil overhead lob, 3) tidak ada perbedaan pengaruh latihan pukulan posisi berubah dan tetap terhadap hasil overhead lob. Saran kepada pemain perlu menerapkan kedua bentuk latihan tersebut, karena keduanya saling meningkatkan pukulan overhead lob.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pukulan, berubah, tetap, overhead lob
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 28 Nov 2017 15:02
Last Modified: 28 Nov 2017 15:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27855

Actions (login required)

View Item View Item