Pengaruh Latihan Menendang Bola Menggunakan Punggung Kaki dengan Latihan Sasaran Tetap Dan Sasaran Berubah Terhadap Accuracy Shooting ke Arah Gawang (Eksperimen pada pemain SSB Bhaladika Semarang Usia 9-11 tahun 2015)


Ryan Wahyu Kresyawan , 6301411183 (2016) Pengaruh Latihan Menendang Bola Menggunakan Punggung Kaki dengan Latihan Sasaran Tetap Dan Sasaran Berubah Terhadap Accuracy Shooting ke Arah Gawang (Eksperimen pada pemain SSB Bhaladika Semarang Usia 9-11 tahun 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411183.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah pemain SSB Bhaladika Semarang memiliki akurasi shooting yang lemah, maka dari itu latihan shooting dengan metode latihan yang tepat sangat penting untuk pemain sendiri dan untuk sebuah tim. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh latihan menendang bola menggunakan punggung kaki dengan latihan sasaran tetap terhadap accuracy shooting ke arah gawang? 2) Apakah ada pengaruh latihan menendang bola menggunakan punggung kaki dengan latihan sasaran berubah terhadap accuracy shooting ke arah gawang? 3) Manakah yang lebih baik antara latihan menendang menggunakan punggung kaki dengan latihan sasaran tetap dan sasaran berubah terhadap accuracy shooting ke arah gawang? Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen menggunakan tes Accuracy Shooting ke arah gawang (Sukatamsi. 1984:277). Sampel penelitian berjumlah 16 pemain, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sample atau sampel bertujuan. Analisis data menggunakan uji t untuk membandingkan sampel yang diberikan perlakuan berbeda. Hasil penelitian : 1) Eksperimen I nilai thitung= 3,528>ttabel= 2,365 ini berarti ada pengaruh yang signifikan, 2) Eksperimen II nilai thitung=2,496>ttabel= 2.365 ini berarti ada pengaruh yang signifikan, 3) Eksperimen II(11,25)> kelompok I(10,00) berarti latihan menendang bola dengan sasaran tetap lebih baik dari pada latihan menendang bola dengan sasaran berubah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan menendang bola menggunakan punggung kaki dengan latihan sasaran tetap dan berubah terhadap accuracy shooting ke arah gawang, Latihan menendang bola menggunakan punggung kaki dengan latihan sasaran tetap lebih baik hasilnya dari latihan menendang bola menggunakan punggung kaki dengan latihan sasaran berubah terhadap Accuracy Shooting ke arah gawang pada pemain SSB Bhaladika Semarang Usia 9-11 Tahun. Maka disarankan menggunakan latihan menendang bola menggunakan punggung kaki dengan latihan sasaran tetap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menendang bola, Sasaran Tetap, Sasaran Berubah, Accuracy Shooting
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 28 Nov 2017 14:50
Last Modified: 28 Nov 2017 14:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27852

Actions (login required)

View Item View Item