PENGARUH LATIHAN QUICK PASS DAN PUSH PASS TERHADAP HASIL ACCURACY PASSING SEPAKBOLA (Eksperimen pada siswa SSB Bhaladika Semarang KU 9-11 Tahun 2015 )


Dimas Tri Wibowo , 6301411182 (2016) PENGARUH LATIHAN QUICK PASS DAN PUSH PASS TERHADAP HASIL ACCURACY PASSING SEPAKBOLA (Eksperimen pada siswa SSB Bhaladika Semarang KU 9-11 Tahun 2015 ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411182.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasar pada pengamatan penulis terlihat bahwa accuracy passing sangat kurang terutama pada penerapan ketika bermain dalam satu tim dilapangan. Terkait permasalahan tersebut maka penelitian mengangkat passing: (1) Apakah ada pengaruh latihan Quick pass terhadap hasil accurasy passing? (2) Apakah ada pengaruh latihan push pass terhadap hasil acurassy passing? (3) Manakah yang lebih baik pengaruhnya antara latihan quick pass dan push pass terhadap hasil accurasy passing? Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi menggunakan siswa SSB Bhaladika Semarang berjumlah 38 siswa dan sampel sebanyak 18 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes accuracy passing. Analisis data menggunakan uji t untuk membandingkan sampel yang diberikan perlakuan berbeda. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh (Thitung) untuk variable latihan quick pass sebesar 0.145 dengan nilai sig 0,886 ≥ 0,05, yang berarti bahwa variabel tersebut signifikan. Hasil uji keberartian variable latihan push pass, diperoleh t hitung sebesar 7.249 dengan nilai sig 0,001 < 0,05, yang berarti bahwa variabel tersebut signifikan dari perhitungn statistic menunjukan bahwa kedua hasil (Thitung) menunjukan hasil > dari pada Ttabel yaitu eksperimen l (Thitung) 7294>2.306 dan eksperimen ll (Thitung) 4.603>2.306 itu berati keduanya berpengaruh dengan perbedaan yang tidak signifikan. Berdasarkan hasil data di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan quick pass dan push pass terhadap accuracy passing sepakbola siswa SSB Bhaladika Semarang KU 9-11 Tahun 2015 dan latihan quick pass lebih berpengaruh dari pada latihan push pass terhadap accuracy passing sepakbola siswa SSB Bhaladika Semarang. Mengacu dari hasil tersebut penulis dapat mengajukan saran yaitu dalam penyusunan program latihan accuracy passing sepakbola, hendaknya seorang pelatih memperhatikan atau memperbanyak variasi bentuk latihan passing untuk meningkatkan kemampuan accuracy passing pemain sepakbola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Quick Pass, Push Pass
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 28 Nov 2017 14:46
Last Modified: 28 Nov 2017 14:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27851

Actions (login required)

View Item View Item