EFESIENSI LATIHAN CORE STABILITY SEBELUM DAN SESUDAH LATIHAN INTI TERHADAP KECEPATAN LARI 100 METER (PADA ATLET PUTRA BAHUREKSO ATLETIK KLUB KABUPATEN KENDAL 2015)


Lukmanul Hakim , 6301411156 (2016) EFESIENSI LATIHAN CORE STABILITY SEBELUM DAN SESUDAH LATIHAN INTI TERHADAP KECEPATAN LARI 100 METER (PADA ATLET PUTRA BAHUREKSO ATLETIK KLUB KABUPATEN KENDAL 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411156.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bentuk latihan yang monoton dan rendahnya tingkat prestasi pada atlet 100 meter. Rumusan masalah dalam hal ini adalah “Apakah ada perbedaan antara latihan core stability sebelum dan sesudah latihan inti terhadap lari 100 meter atlet putra Bahurekso Atletik Klub Kabupaten Kendal”. Tujuannya yaitu untuk mengetahui manfaat dari latihan core stability. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitiannya adalah metode eksperimen. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah atlet putra nomor lari sprint yang masih duduk di bangku SMA dan mempunyai rentang umur 15-17 tahun dan berjumlah 6 atlet dari Bahurekso Atletik klub. Hasil penelitian ini adalah rata-rata perubahan waktu tempuh sebelum dan sesudah treatment pada kelompok A sebesar 0,4200 detik dan untuk kelompok B sebesar 0,2500 detik. Nilai thitung sebesar 6,278 dengan nilai signifikansi sebesar 0,003<0,05, yang berarti Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata perubahan waktu tempuh antara kelompok A dan kelompok B. Berdasarkan kesimpulan yang ada, maka peneliti memberikan saran sebagai berikut : 1) Bagi pelatih pemberian program latihan harus memperhatikan jumlah set dan repetisinya sesuai dengan nomor-nomor tertentu.. 2) Bagi peneliti lain yang tertarik dengan permasalahan ini disarankan untuk meneliti kembali dengan memperhatikan kelemahan-kelemahan seperti waktu penelitian yang terbentur dengan bulan puasa, dan program latihan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, Core, Stability, Kecepatan, Lari
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 19:39
Last Modified: 27 Nov 2017 19:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27842

Actions (login required)

View Item View Item