ROBOT MULTI SENSOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH SENSOR DAN AKTUATOR


Lufita , 5301412065 (2016) ROBOT MULTI SENSOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH SENSOR DAN AKTUATOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301412065.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah sensor dan aktuator belum ada media pembelajaran dan setelah dilakukan observasi sebanyak 80% responden mahasiswa menyatakan belum memahami materi tentang sensor. Dari masalah tersebut kemudian peneliti membuat robot multi sensor yang terintegrasi dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah sensor dan aktuator untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Produk yang dibuat berupa media pembelajaran robot multi sensor yang terdiri dari sensor jarak ultrasonik HC-SR04, sensor suara, sensor suhu LM35, sensor warna TCS 3200. Tahap pengujian meliputi uji ahli media dan uji coba produk. Hasil analisis data ahli media didapatkan persentase kelayakan sebesar 83,33% dengan ketegori sangat valid dan hasil uji coba produk sebesar 0,72 dengan kategori tinggi pada kategori N-Gain. Hasil pengujian sensor jarak, suara, suhu, dan warna sudah dikalibrasi sesuai dengan kondisi sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran robot multi sensor layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah sensor dan aktuator karena dianggap mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang macam-macam sensor dan prinsip kerjanya. Peneliti memberikan saran untuk peneliti selanjutnya yaitu: (1) mengembangkan penelitian dengan sensor yang lainya dan pengaplikasiannya ditambahkan lagi, (2) menjadikan penelitian ini sebagai bahan referensi untuk penelitian mendatang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Robot Multi Sensor, sensor jarak ultrasonik HC-SR04, sensor suara, sensor suhu LM35, sensor warna TCS 3200.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 27 Nov 2017 19:28
Last Modified: 27 Nov 2017 19:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27839

Actions (login required)

View Item View Item