PEMANFAATAN RADIO FREQUENCY SEBAGAI MEDIA PENGIRIM DATA PADA JEJARING SENSOR NIRKABEL BERBASIS ARDUINO DALAM SISTEM AKUISISI DATA SUHU UDARA, KELEMBABAN UDARA, DAN TEKANAN UDARA


Adhi Lestari , 53011411067 (2016) PEMANFAATAN RADIO FREQUENCY SEBAGAI MEDIA PENGIRIM DATA PADA JEJARING SENSOR NIRKABEL BERBASIS ARDUINO DALAM SISTEM AKUISISI DATA SUHU UDARA, KELEMBABAN UDARA, DAN TEKANAN UDARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301411067.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Data-data mengenai suhu udara, kelembaban udara, dan tekanan udara sangat diperlukan dalam bidang perkebunan. Oleh karena itu dibutuhkan alat yang mampu untuk mengumpulkan data-data tersebut. Data-data yang didapat akan dikirimkan menggunakan radio frequency untuk ditampilkan pada LCD (Liquid Cristal Display). Pengiriman data tidak dilakukan menggunakan kabel dikarenakan radio frequency lebih praktis dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana membuat alat pengumpul data suhu udara, kelembaban udara, dan tekanan udara dengan menggunakan radio frequency sebagai media pengirim data. Tujuan berikutnya adalah untuk mengetahui kemampuan modul radio frequency nRF24L01 dalam mengiriman data dibandingkan dengan kabel. Sementara tujuan yang terakhir adalah mengetahui kemampuan arduino nano v3 dalam memenuhi kebutuhan pada alat yang dibuat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian one-shot case study untuk mengetahui tingkat keberhasilan pengiriman data menggunakan radio frequency dibandingkan dengan pengiriman data menggunakan kabel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran dan dokumentasi. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode statistika deskriptif dan uji korelasi untuk menampilkan dan menganalisa data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengiriman data suhu udara, kelembaban udara, dan tekanan udara menggunakan radio frequency dapat menyamai kemampuan pengiriman data menggunakan kabel. Hal itu dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa tingkat kesalahan keduanya dalam mengirimkan data adalah sama dengan 0. Dapat disimpulkan bahwa kedua media pengiriman tersebut dapat mengirimkan data tanpa merusak data. Untuk dapat bekerja lebih lama alat ini perlu ditambah solar cell dan untuk dapat memperjauh jangkauan radio frequency perlu ditambah penguat sinyal. Alat yang dibuat diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang untuk bahan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Radio frequency, Arduino, Akuisisi data, Suhu udara, Kelembaban udara, Tekana udara.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering > Microcontroller
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 27 Nov 2017 19:26
Last Modified: 27 Nov 2017 19:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27835

Actions (login required)

View Item View Item