PERANCANGAN RUNNING TEXT DISPLAY MENGGUNAKAN MODUL TF-S5UR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT KELAS V SDN 02 PAIT


Brata Mela Sandi , 5301411061 (2016) PERANCANGAN RUNNING TEXT DISPLAY MENGGUNAKAN MODUL TF-S5UR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT KELAS V SDN 02 PAIT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301411061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca cepat siswa kelas V SDN 02 Pait. Tujuan penelitian ini adalah menemukan peningkatan keterampilan membaca cepat siswa kelas V SDN 02 Pait setelah diterapkan perancangan running text display sebagai media pembelajaran. Running text atau tulisan berjalan adalah salah satu media elektronik yang sangat berguna untuk menyampaikan pesan dan informasi. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan merangsang terjadinya proses belajar pada siswa. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang berlangsung selama dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, antara lain: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan dan (4) refleksi. Lokasi penelitian di SDN 02 Pait, subjek penelitian 26 siswa kelas V. Variabel bebas adalah perancangan running text display menggunakan modul TF-S5UR. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan membaca cepat. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, lembar angket, soal tes evaluasi dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan, siswa dapat mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang menghambat membaca cepat. Rata-rata kecepatan membaca siswa kelas V SDN 02 Pait pada saat siklus I yaitu 4 menit. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 menjadi 3 menit dan berdasarkan kesepakatan antara peneliti dengan guru, rata-rata kecepatan membaca menjadi 2 menit 48 detik pada siklus II pertemuan 2. Hasil kemampuan efektif membaca siswa kelas V SDN 02 Pait pada siklus I juga mengalami peningkatan sebesar 49,15 kata per menit dan meningkat pada siklus II sebesar 75,12 kata per menit. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran membaca cepat dengan menerapkan media lebih efektif dibandingkan pembelajaran membaca cepat tanpa menerapkan media. Adapun saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru menerapkan media pembelajaran yang inovatif berupa running text display untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang berkualitas dan menanamkan pada diri siswa bahwa membaca adalah jendela dunia yang memberikan banyak manfaat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Running Text Display, Modul TF-S5UR, Media Pembelajaran, Kemampuan Membaca Cepat.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 27 Nov 2017 19:11
Last Modified: 27 Nov 2017 19:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27832

Actions (login required)

View Item View Item