MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN PERENCANAAN DAN PEMASANGAN INSTALASI TENAGA DAN PENGENDALI MENGGUNAKAN SOFTWARE FLUIDSIM DI KELAS XII TITL SMK NEGERI 1 KANDEMAN


Reza Rizqi Ananda , 5301411057 (2016) MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN PERENCANAAN DAN PEMASANGAN INSTALASI TENAGA DAN PENGENDALI MENGGUNAKAN SOFTWARE FLUIDSIM DI KELAS XII TITL SMK NEGERI 1 KANDEMAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301411057.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa kelas XII TITL SMK Negeri 1 Kandeman dalam pelajaran perencanaan dan pemasangan instalasi tenaga dan pengendali. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman siswa kelas XII TITL SMK Negeri 1 Kandeman setelah pembelajaran diterapkan menggunakan media software fluidsim. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dikembangkan dengan pretest posttest control design. Instrumen tes menggunakan soal dengan validitas 0,404 dan reliabilitas 0,804. Dilengkapi dengan instrumen penilaian angket respon siswa sebagai pendukung hasil tes. Analisis data menggunakan statistik uji-t dengan batas kritis 0,05 dan df= n-1 Hasil analisis data menggunakan batas kritis 0,05 menunjukan ada pengaruh penggunaan software fluidsim karena thitung (5,921) > ttabel (2,119). Penggunaan software fluidsim berpengaruh lebih baik ditunjukan dengan mean 81,17 dibanding dengan yang tidak menggunakan software fluidsim diperoleh mean 73,75. Pembelajaran dengan menggunakan software fluidsim 85% lebih efektif dan 84% lebih menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran perencanaan dan pemasangan instalasi tenaga dan pengendali menggunakan media software fluidsim berpengaruh terhadap pemahaman siswa, pengaruh yang signigikan dibandingkan pembelajaran perencanaan dan pemasangan instalasi tenaga dan pengendali yang tidak menggunakan media software fluidsim. Adapun saran yang diberikan yaitu diharapkan pembelajaran perencanaan dan pemasangan instalasi tenaga dan pengendali lebih inovatif dan kreatif dalam media pembelajarannya. Perlu melakukan perbaikan pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan, dan sebagai referensi untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan pemahaman siswa, Perencanaan dan pemasangan instalasi tenaga dan pengendali, Media software fluidsim.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 27 Nov 2017 19:10
Last Modified: 27 Nov 2017 19:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27830

Actions (login required)

View Item View Item