IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SOSIODRAMA PADA MATERI POKOK PERILAKU MENYIMPANG DAN SIKAP-SIKAP ANTI SOSIAL (STUDI KASUS SISWA KELAS X SEMESTER II TAHUN AJAR 2015/2016 SMA N 1 BATANG)

Supriyadi , 3401412098 (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SOSIODRAMA PADA MATERI POKOK PERILAKU MENYIMPANG DAN SIKAP-SIKAP ANTI SOSIAL (STUDI KASUS SISWA KELAS X SEMESTER II TAHUN AJAR 2015/2016 SMA N 1 BATANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (466Kb)

    Abstract

    Implementasi model pembelajaran sosiodrama di SMA N 1 Batang ialah kegiatan belajar mengajar yang menggunakan suatu pendekatan sisiwa aktif dan mempraktekan apa yang siswa lihat di lapangan, yang didalamnya memadukan rangkaian kegiatan pengajaran diantaranya adalah persiapan guru maupun murid, pelaksanaan sosiodrama dan evalusi model pembelajaran sosiodarama. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran sosiodrama pada mata pelajaran sosiologi di SMA N 1 Batang dan 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan model pembelajaran Di SMA N 1 Batang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada diSMA N 1 Batang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data penelitian diperoleh dengan triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran sosiodrama pada mata pelajaran sosiologi di SMA N 1 Batang melalui 3 tahapan yaitu: tahap awal, tahap inti dan tahap penutup, (b) Dengan model pembelajaran sosiodrama siswa lebih memahami materi, dan (c) Model pembelajaran sosiodrama tidak bisa langsung dipraktekan tapi masih harus disertai dengan ceramah. 2) kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan model pembelajaran sosiodrama Di SMA N 1 Batang (a) Kesiapan siswa yang masih kurang, (b) Keterbatasan alokasi jam pelajaran, (c) Kompetensi Guru masih kurang, (d) Fasilitas kurang memadai, dan (e) Kurikulum 2013 yang tidak bisa diterapkan untuk beberapa metode pembelajaran teretntu. Saran yang dapat diberikan 1) Bagi sekolah, lebih meningkatan sarana dan prasarana yang menunjang model pembelajaran supaya setiap model pembelajaran dengan mudah diterapkan 2) Bagi guru sosiologi, lebih memperdalam setiap modelmodel pembelajaran guna lebih mudah dalam menyampaikan materi pada siswa dan siswa lebih senang dalam proses pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, pelajaran sosiologi, sosiodrama.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 27 Nov 2017 13:28
    Last Modified: 27 Nov 2017 13:28

    Actions (login required)

    View Item