PENGOBATAN ALTERNATIF MENGGUNAKAN MEDIA AYAM (Studi Etnomedisin pada Masyarakat Dusun Krajan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan)


Renanda Rivaldi , 3401412093 (2016) PENGOBATAN ALTERNATIF MENGGUNAKAN MEDIA AYAM (Studi Etnomedisin pada Masyarakat Dusun Krajan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412093.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (515kB) | Preview

Abstract

Etnomedisin yang dimaksudkan dalam peneltian ini adalah suatu sistem pengobatan alternatif media ayam yang masih dipercayai masyarakat Dusun Krajan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan untuk mengobati seseorang yang mengalami sakit. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui alasan masyarakat Dusun Krajan memilih pengobatan alternatif daripada pengobatan medis modern, 2) Untuk mengetahui proses pengobatan alternatif dengan menggunakan media ayam pada masyarakat Dusun Krajan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan, dan 3) Untuk mengetahui dampak dari pengobatan alternatif media ayam pada masyarakat Dusun Krajan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif life history. Lokasi penelitian berada di Dusun Krajan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan. Subyek penelitian ini adalah pengobatan alternatif media ayam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data penelitian diperoleh dengan triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Alasan masyarakat Dusun Krajan memilih pengobatan alternatif adalah: alasan kepercayaan, dan alasan ekonomi 2) Proses pengobatan alternatif dengan menggunakan media ayam pada masyarakat Dusun Krajan ada 2 aktivitas yaitu a). mentransfer penyakit yang diderita pasien ke ayam. Penyakit yang dialami pasien dapat diketahui dengan cara menyembelih ayam kemudian membedah tubuh ayam untuk melihat akibat penyakit pada tubuh ayam. b). memberikan pengobatan herbal yang bertujuan untuk menuntaskan proses pengobatan serta menghilangkan racun dalam tubuh, agar pengobatan alternatif ini bisa benar-benar dikatakan tuntas. 3) Dampak dari pengobatan alternatif media ayam pada masyarakat Dusun Krajan yaitu a). Rendahnya minat masyarakat berobat pada fasilitas medis modern karena penanganan dan pelayanan yang kurang maksimal, kemudian masalah biaya, lalu faktor rasa takut terhadap pengobatan medis modern. b) Adanya jaminan kesehatan dari pengobatan alternatif meski sekarang terdapat bantuan berupa BPJS. Saran yang diberikan, Bagi dinas kesehatan, hendaknya membina dan memfasilitasi baik di pengobatan alternatif maupun Puskesmas agar pengobatan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Bagi pemerintah, hendaknya mulai peduli dengan tradisi dan pengetahuan lokal yang sudah semakin tergeser oleh arus modernisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Etnomedisin, Media Ayam , Pengobatan alternatif
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine > Alternative Healing
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 18:21
Last Modified: 27 Nov 2017 18:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27822

Actions (login required)

View Item View Item