MAKNA PERILAKU SISWA DALAM PERAYAAN KELULUSAN UJIAN (Studi pada SMK Negeri 1 Rembang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2014/2015)


Krisnawati , 3401412089 (2016) MAKNA PERILAKU SISWA DALAM PERAYAAN KELULUSAN UJIAN (Studi pada SMK Negeri 1 Rembang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2014/2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412089.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (736kB) | Preview

Abstract

Setiap perilaku siswa SMK di Kabupaten Rembang memiliki karakteristik masing-masing. Salah satunya SMK Negeri 1 Rembang mayoritas siswa berjenis kelamin laki-laki yang mempunyai karakteristik perilaku lebih agresif saat di luar sekolah, misalkan saat fenomena kelulusan ujian. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui beberapa perilaku yang ditunjukkan siswa ketika merayakan kelulusan ujian, 2) Mendeskripsikan simbol dan maknanya yang ditunjukkan siswa, 3) Mengetahui alasan perilaku perayaan kelulusan dilakukan siswa SMK Negeri 1 Rembang. Penelitian ini menggunakan Teori Interaksionisme Simbolik dari Blumer sebagai pisau analisis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Perilaku siswa dalam perayaan kelulusan antara lain bersyukur, mencoret seragam OSIS dan mencoret dinding pagar sekolah, konvoi, dan foto bersama. 2) Simbol dan maknanya mulai dari perlengkapan bahwa manusia dilahirkan dalam keadaan bersih kemudian adanya warna-warni hidup yang diabadikan. Perilaku sebagai rasa kasih sayang, persahabatan, dengan kehidupan yang berputar keluar dari zona nyaman. Kemudian bahasa sebagai ekspresi gembira dan coretannya sebagai identitas solidaritas. 3) Alasan perayaan di lakukan siswa yaitu solidaritas, pengalaman, dan pengaruh media massa. Kendala yang dialami seperti ditegur aparat dan warga, rantai sepeda motor loss serta perlengkapan habis. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) Kepala sekolah memberi sosialisasi bahaya mengkonsumsi minuman keras baik ditinjau dari segi ekonomi, sosial, maupun kesehatan. Selain itu sosialisasi peduli lingkungan sekitar seperti tertera pada misi sekolah nomor tujuh, agar tidak merusak dinding sekolah ketika merayakan kelulusan ujian, 2) Simbol dalam bentuk perlengkapan seperti sepeda motor, menggunakan perlengkapan dengan baik saat berkendara, seperti knalpot dan spion yang berstandart.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Makna, Perayaan Kelulusan, Perilaku Siswa SMK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 18:10
Last Modified: 27 Nov 2017 18:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27820

Actions (login required)

View Item View Item