RESPON MASYARAKAT TERHADAP KEGIATAN KONSERVASI MANGROVE (Studi Kasus Masyarakat Petani Tambak Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tugu Kota Semarang)


Dani Atika Sari , 3401412088 (2016) RESPON MASYARAKAT TERHADAP KEGIATAN KONSERVASI MANGROVE (Studi Kasus Masyarakat Petani Tambak Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tugu Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412088.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (938kB) | Preview

Abstract

Respon dan partisipasi masyarakat Kelurahan Mangunharjo memiliki andil besar terhadap terlaksananya pelestarian dan konservasi mangrove. Dengan respon serta partisipasi masyarakat terhadap konservasi mangrove akan berdampak pada penanganan kerusakan lingkungan yang ada. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui alasan konservasi mangrove dilaksanakan di Kelurahan Mangunharjo, (2) mengetahui bentuk kegiatan konservasi mangrove yang dilaksanakan di Kelurahan Mangunharjo, (3) mengetahuirespon masyarakat petani tambak Kelurahan Mangunharjo terhadap kegiatan konservasi mangrove. Subjek penelitian ini masyarakat petani tambak Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang yang berjumlah 12 orang. Metode pengumpulan data berupa : metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat petani tambak Kelurahan Mangunharjo mempunyai respon yang beragam terhadap kegiatan konservasi mangrove. Respon masyarakat yang baik ditunjukkan dengan mendukung kegiatan konservasi mangrove yang dilakukan oleh masyarakat luar dan pemerintah atau lembaga-lembaga terkait. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan konservasi mangrove. Bentuk partisipasi masyarakat dilakukan secara kelompok dan individu. Partisipasi tersebut ditunjukkan dengan perilaku konservasi masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan dengan melakukan kegiatan-kegiatan konservasi di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tugu Kota Semarang. Meskipun masyarakat yang ikut berpartisipasi aktif masih sebagian kecil, namun aksi nyata perilaku konservasi masyarakat tersebut telah membuat Kelurahan Mangunharjo hijau kembali. Secara umum dapat disimpulkan bahwa semakin baik respon masyarakat maka semakin pula pertisipasi masyarakat terhadap kegiatan konservasi mangrove, serta dampak terhadap perilaku konservasi masyarakat semakin baik. Saran yang dapat diberikan kepada pihak terkait yaitu pemerintah, agar dapat memaksimalkan perannya dalam mendukung dan mendampingi masyarakat dalam pelaksanaan konservasi lingkungan khususnya konservasi mangrove di Kelurahan Mangunharjo. Begitu juga dengan masyarakat, agar dapat meningkatkan partisipasinya terhadap lingkungan di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mangrove, Perilaku Konservasi, Respon
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Conservation
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 17:54
Last Modified: 27 Nov 2017 17:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27819

Actions (login required)

View Item View Item