MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN DASAR PENGUKURAN LISTRIK DENGAN METODE EDUTAINMENT DI KELAS X TIPTL SMK NEGERI 1 ADIWERNA


Afiq Rakhmat Alwi , 5301411047 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN DASAR PENGUKURAN LISTRIK DENGAN METODE EDUTAINMENT DI KELAS X TIPTL SMK NEGERI 1 ADIWERNA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301411047.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Dasar Pengukuran Listrik di SMK Negeri 1 Adiwerna khususnya kelas X masih menggunakan model pembelajaran konvensional dimana siswa yang mendapat pelajaran cenderung pasif dan kurang tertarik pada mata pelajaran tersebut. Hal itu berdampak pada hasil belajar siswa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Adiwerna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Pengukuran Listrikdengan metode edutainment menggunakan media pembelajaran adventure map. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Adiwerna. Pemilihan sampel dengan cara simple random sampling, diperoleh siswa kelas X TIPTL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TIPTL 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan metode edutainment menggunakan media pembelajaran adventure map, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Pengambilan data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode pretest dan posttest. Instrumen tes menggunakan soal dengan validitas 0,361 dan reliabilitas 0,800. Dilengkapi dengan instrumen penilaian angket respon siswa sebagai pendukung hasil tes. Analisis data menggunakan statistik uji-t dengan batas kritis 0,05 dan dk= n-1 Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata pretestuntuk kelas eksperimen 58,63 kemudian setelah mendapat perlakuan meningkat menjadi 85,88 yang berarti terjadi peningkatan 27,25 (46,5%) dan untuk kelas kontrol nilai rata-rata pretest57,25 kemudian setelah mendapat perlakuan meningkat menjadi 74,13 yang berarti mengalami peningkatan sebesar 16,88 (29,5%).Berdasarkan respon siswa, pembelajaran dengan menggunakan metode edutainment 83,4% lebih efektif dan 88,8% lebih menyenangkan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode edutainment menggunakan media pembelajaran adventure mapberpengaruh lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Adapun saran yang diberikan yaitu diharapkan dalam pembelajaran menggunakan metode edutainment, pengelolaan dan pengendalian siswa dalam kelas lebih diperhatikan lagi. Penelitian hanya dilaksanakan selama empat kali pertemuan,diharapkan dilakukan penelitian dalam jangka waktu satu semester.Sebagai referensi untuk memperbaiki kekurangankekurangan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan hasil belajar siswa, Dasar Pengukuran Listrik, Metode Edutainment, Media Pembelajaran Adventure Map.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 27 Nov 2017 16:48
Last Modified: 27 Nov 2017 16:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27815

Actions (login required)

View Item View Item