RANCANG BANGUN ALAT PENGAMAN BRANKAS MENGGUNAKAN RFID (RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION) DENGAN MEMANFAATKAN E-KTP SEBAGAI TAG BERBASIS ARDUINO


Sri Setyani , 5301411041 (2016) RANCANG BANGUN ALAT PENGAMAN BRANKAS MENGGUNAKAN RFID (RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION) DENGAN MEMANFAATKAN E-KTP SEBAGAI TAG BERBASIS ARDUINO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301411041.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kasus pencurian terhadap barang berharga semakin meningkat, untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan sebuah perangkat keamanan yang terintegrasi diantaranya adalah brankas. Pada umumnya brankas yang ada kurang memiliki sistem keamanan dan tidak praktis dalam pengaksesannya, sehingga penulis mempunyai gagasan untuk menghasilkan sebuah alat pengaman brankas berbasis arduino dengan mengoptimalkan penggunaan e-KTP sebagai penganti RFID tag. Rancang bangun pengaman brankas ini menggunakan mikrokontroler Atmega328 sebagai pengendali dan sensor RFID sebagai pengakses brankas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yaitu metode yang bertujuan menghasilkan produk tertentudan menguji keefektifan produk tersebut. Metode ini diterapkan pada prosedur penelitian menjadi 10 tahap yaitu (1) mulai, (2) potensi dan masalah, (3) pengumpulan informasi, (4) perancangan alat, (5) validasi desain, (6) pembuatan alat, (7) uji coba alat, (8) uji sistem oleh pakar (9) pengumpulan data dan (10) analisis data. Berdasarkan hasil penelitan, alat pengaman brankas ini memiliki tingkat kelayakan diatas batas minimal kategori layak (70%) yaitu sebesar 84,375%. Alat yang dibuat dinyatakan layak untuk diterapkan pada brankas yang sebenarnya sehingga perlu dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru..

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaman brankas, RFID, Atmega328
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering > Microcontroller
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 27 Nov 2017 16:48
Last Modified: 27 Nov 2017 16:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27812

Actions (login required)

View Item View Item