RANCANG BANGUN PENYIRAM OTOMATIS BUDIDAYA JAMUR TIRAM DENGAN PEMANTAUAN SUHU DAN KELEMBABAN UDARA BERBASIS PEMPROGRAMAN ARDUINO & CV-AVR (CODEVISION AVR)


Hermawan Afandi , 5301411028 (2016) RANCANG BANGUN PENYIRAM OTOMATIS BUDIDAYA JAMUR TIRAM DENGAN PEMANTAUAN SUHU DAN KELEMBABAN UDARA BERBASIS PEMPROGRAMAN ARDUINO & CV-AVR (CODEVISION AVR). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301411028.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyiraman pada budidaya jamur tiram masih dilakukan secara manual namun cara ini masih memiliki banyak kendala padahal kestabilan suhu dan kelembaban udara dan sirkulasi udara yang baikmerupakan faktor penting dalam pertumbuhan jamur. Jika suhu dan kelembaban udara tidak stabil akan menyebabkan jamur sulit menyerap sari makanan sehingga jamur tumbuh kurus atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode “Penelitian dan Pengembangan” (Research and Development / R&D). Menurut Sugiyono (2009:297) “Metode penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti sebuah produk untuk menghasilkan sebuah produk baru, dan selanjutnya menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian ini dimulai dari menentukan tema, mengidentifikasi masalah, membatasi masalah, melakukan studi literatur, perancangan software dan hardware, pengujian alat, analisis data dan yang terakir mengambil kesimpulan. Setelah pengujian kinerja alat penyiram dilakukan di 3 tempat dengan ketinggian yang berbeda dapat ditemukan tingkat kesalahan sebesar 0.52%, kemudian dengan analisis korelasi regresi diketahui nilai linearitas terhadap kalibrator sebesar 0.9442, sedangkan setelah diaplikasikan dalam budidaya jamur tiram alat ini memiliki efektivitas terhadap peningkatan hasil produksi sebesar 44.41%. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa alat penyiram otomatis jamur tiram ini mampu merubah metode penyiraman dari metode konvensional menjadi otomatis dengan memiliki pembacaaan, respon dan efektivitas yang bagus sehingga diharapkan mampu menekan biaya produksi dan meningkatkan produktivitas jamur tiram.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyiram, Jamur Tiram, Mikrokontroller
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering > Microcontroller
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 27 Nov 2017 15:03
Last Modified: 27 Nov 2017 15:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27810

Actions (login required)

View Item View Item