EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER JURUSAN TIPTLKELAS XISMK NEGERI-I ADIWERNA KABUPATEN TEGAL


Dwi Asti Fauziah , 5301411019 (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER JURUSAN TIPTLKELAS XISMK NEGERI-I ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301411019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang berkembangan semakin pesat juga membuat segala sesuatu yang dilakukan setiap orang menjadi mudah dan efisien. Semakin majunya teknologi informasi yang berbasis internet membuat siswa dapat dengan mudah mendapatkan materi pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung. Programmable Logic Controller (PLC) merupakan materi pelajaran yang ada di jurusan elektro SMK sejak kelas XI. Pembelajaran yang masih terpusat pada guru membuat pola berpikir kritis siswa kurang terasah dan kurangnya motivasi belajar siswa, untuk itu perlunya pembaharuan pembelajaran untuk merangsang motivasi belajar siswa yaitu salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran berbasis web. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah efektif penggunaan media pembelajaran berbasis web terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PLC Jurusan TIPTL Kelas XI SMK Negeri-IAdiwerna Kabupaten Tegal? Metode penelitian adalah quasi experimental dengan menggunakan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi seluruh siswa kelas XI jurusan TIPTL SMK Negeri-IAdiwerna Kabupaten Tegal tahun 2014-2015. Sampel eksperimen adalah siswa kelas XI TIPTL 1, sedangan sebagai sampel kontrol adalah siswa kelas XI TIPTL 1. Instrumen penelitian kuesioner dan test, adapun analisi data menggunakan uji Uji Mann Withney. Hasil Uji Mann Withney didapatkanp (0.000) <∝ (0.05), yang berarti bahwa penerapan media pembelajaran PLC berbasis web efektif meningkatkan hasil belajar pada siswa di Jurusan TIPTL SMK Negeri-IAdiwerna Kabupaten Tegal pada materi pokok bahasan PLC. Perhitungan nilai gain ternormalisasi antara kelas eksperimen juga lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu nilai gain ternormalisasi kelas eksperimen g = 0.89 dan pada kelas kontrol g = 0.80. Disarankan sekolah menggunakan dan mengoptimalkan keberadaan media pembelajaran PLC berbasis web yang sudah ada tersebut, untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, sebaiknya sekolah menggunakan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran yang lain dengan karakteristik sesuai dengan mata pelajaran PLC yang mana sudah diujicobakan dan menghasilkan kesimpulan bahwa media pembelajaran PLC berbasis web efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 27 Nov 2017 15:03
Last Modified: 27 Nov 2017 15:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27808

Actions (login required)

View Item View Item