PENGARUH METODE LATIHAN EL RONDO DAN CIRCLE PASSING DRILL TERHADAP KETEPATAN PASSING SEPAKBOLA (Studi eksperimen pada siswa KU 13-14 SBB Bhaladika Semarang Tahun 2015)


M. Husen , 6301410083 (2016) PENGARUH METODE LATIHAN EL RONDO DAN CIRCLE PASSING DRILL TERHADAP KETEPATAN PASSING SEPAKBOLA (Studi eksperimen pada siswa KU 13-14 SBB Bhaladika Semarang Tahun 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301410083.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak siswa SSB Bhaladika yang melakukan passing secara tidak tepat dan efektif sehingga perlu dikembangkan model latihan passing. Permasalahan penelitian adalah: 1) Apakah ada pengaruh metode latihan el rondo terhadap ketepatan passing sepakbola?, 2) Apakah ada pengaruh metode latihan circle passing drill terhadap ketepatan passing sepakbola?, 3) Mana yang lebih baik antara latihan el rondo dan circle passing drill terhadap ketepatan passing sepakbola siswa KU 13-14 SSB Bhaladika Semarang tahun 2015 ? Metode penelitian dengan eksperimen. Variabel penelitian ini yaitu metode latihan el rondo dan circle passing drill sebagai variabel bebas dan ketepatan passing sebagai variabel terikat. Populasi yang digunakan adalah siswa SSB Bhaladika Semarang tahun 2015 berjumlah 38 pemain. Sampel penelitian sebanyak 18 pemain dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian digunakan instrumen tes ketepatan passing sedangkan untuk analisis data menggunakan uji t untuk memandingkan sampel yang diberikan perlakuan berbeda. Hasil penelitian :1) Pada kelompok eksperimen I nilai thitung = -3,776 > ttabel = -2,306 ini berarti ada pengaruh yang signifikan. 2) Pada kelompok eksperimen II nilai thitung = -2,401 > ttabel = - 2,306 ini berarti ada pengaruh. 3) rata-rata kelompok eksperimen I (6,44) > kelompok eksperimen II (5,78) ini berarti metode latihan el rondo lebih baik daripada metode latihan circle passing drill. Simpulan : 1) Ada pengaruh yang signifikan antara latihan el rondo terhadap ketepatan passing sepakbola, 2) Ada pengaruh yang tidak terlalu signifikan antara latihan circle passing drill terhadap ketepatan passing sepakbola, 3) latihan el rondo lebih baik daripada latihan circle passing drill terhadap ketepatan passing sepakbola siswa KU 13-14 SBB Bhaladika Semarang tahun 2015. Saran : 1) Bagi pelatih untuk menggunakan metode latihan el rondo dan circle passing drill sebagai model latihan untuk meningkatkan kemampuan passing, 2) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik melakukan penelitian sejenis hendaknya sebaiknya menggunakan populasi yang lebih besar agar hasil yang diperoleh dapat digeneralisasikan secara lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model latihan el rondo, circle drill, dan ketepatan passing.
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 27 Nov 2017 14:45
Last Modified: 27 Nov 2017 14:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27805

Actions (login required)

View Item View Item