PERENCANAAN MODUL PRAKTIKUM Z80 SIMULATOR SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN SISTEM MIKROPROSESOR Z80


Alwi Nur Faizal , 5301410056 (2016) PERENCANAAN MODUL PRAKTIKUM Z80 SIMULATOR SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN SISTEM MIKROPROSESOR Z80. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301410056.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemahaman akan mikroprosesor sangat dibutuhkan dalam pengembangan sebuah mikrokomputer. Zilog 80 dipilih sebagai media pembelajaran mikroprosesor dikarenakan arsitektur yang sederhana dan pemprogramannya yang masih dasar. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNNES mempergunakan Zilog 80, melalui Mata Kuliah Praktik Sistem Mikroprosesor dipelajari tentang bagaimana cara merancang, memprogram, mengontrol serta mengoperasikan mikroprosesor Z80. Terbatasnya kit trainer MPF-1 seringkali mengakibatkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam praktik sehingga pemahaman akan sistem mikroprosesor kurang optimal. Berdasarkan permasalaan tersebut penelitian ini mencoba memfokuskan tentang menyusun modul praktikum sistem mikroprosesor Z80 menggunakan alat bantu program aplikasi Z80 simulator. Penyusunan modul praktikum ini disesuaikan dengan silabus dan RPP dari Mata Kuliah Praktik Sistem Mikroprosesor. Tujuan penelitian ini untuk menguji kelayakan modul praktikum mikroprosesor Z80 dengan alat bantu Z80-Simulator sebagai media pendukung alternatif pada Mata Kuliah Praktik Sistem Mikroprosesor, khususnya tentang mikroprosesor Z80. Penelitian ini mengunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Analisa data yang digunakan meliputi validasi modul oleh pakar penyajian, modul yang diuji berupa aspek teknik penyajian, materi penyajian, dan penyajian pembelajaran serta pengujian di lapangan yang dilakukan dalam perkuliahan praktik sistem mikroprosesor dengan melibatkan 30 orang mahasiswa. Hasil validasi modul dari angket pakar ahli aspek penyajian diperoleh penilaian kelayakan teknik penyajian 92.5%, kelayakan materi penyajian 89.3%, dan kelayakan penyajian pembelajaran 92.5% hal ini disimpulkan bahwa modul telah layak. Pada tanggapan siswa 4 item soal yang memiliki penilaian lebih rendah dari item yang lain. Item soal no. 2 dinilai 73%, item no. 6 karakteristeik modul praktikum untuk belajar secara mandiri tanpa bantuan guru memperolah nilai sebesar 70%, item no. 8 kemenarikan penyajian modul praktikum 76%, no. 11 modul dapat mempermudah mempelajari sistem mikroprosesor sebesar 76%. Walau demikian berdasarkan patokan nilai ≥ 70% tanggapan siswa dinyatakan tanggapan positif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan modul praktikum Z80 Simulator Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Sistem Mikroprosesor Z80 dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran praktik sistem mikroprosesor untuk membantu pemahaman terhadap pemprograman mikroprosesor khususnya Z80 yang didukung oleh respon tanggapan positif siswa dengan rata-rata 80% atau sangat setuju.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mikroprosesor, Modul, Z80-Simulator.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 27 Nov 2017 14:31
Last Modified: 27 Nov 2017 14:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27798

Actions (login required)

View Item View Item