PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA KULIAH MESIN LISTRIK DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Bakhtiar Satria Adhitya , 5301410032 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA KULIAH MESIN LISTRIK DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301410032.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan tidak dapat dipisahkan, hal itu bisa dilihat dari adanya sistem pembelajaran E-Learning dan Mobile Learning berupa web. Penilitian ini betujuan untuk mewujudkan media pembelajaran berbasis web pada mata kuliah mesin listrik guna mempermudah mahasiswa dalam menerima materi perkuliahan, mengetahui tingkat kelayakan dari media pembelajaran berbasis web dan mengetahui respon mahasiswa setelah memperoleh media pembelajaran berbasis web tersebut. Penelitian ini menggunakan desain R&D (research and development)., beberapa poin yang dapat diambil sebagai inti dari langkah penelitian R&D, yaitu: identifikasi atau analisis kebutuhan, desain dan validasi, uji coba produk, dan evaluasi pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan melibatkan para pakar dari dosen Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang dan mahasiswa Teknik Elektro Unnes yang mengambil mata kuliah Mesin Listrik dengan jumlah 30 mahasiswa. Hasil penilaian mengenai kelayakan media pembelajaran mesin listrik berbasis web oleh ahli materi mesin listrik mendapat skor 87,50 % (sangat layak), ahli media mendapat skor 83,33 % (layak). Penilaian kualitas media pembelajaran oleh mahasiswa setelah melihat media pembelajaran mesin listrik berbasis web mendapat skor 87,43 % (sangat layak) dan kriteria respon mahasiswa terhadap media pembelajaran berbasis web mendapat skor 86,63 % (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web pada mata kuliah mesin listrik layak digunakan dalam perkuliahan mesin listrik di prodi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Web, Mesin Listrik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 27 Nov 2017 14:33
Last Modified: 27 Nov 2017 14:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27796

Actions (login required)

View Item View Item