PENGGUNAAN SOFTWARE ELECTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA KELAS XI DI SMK NEGERI 5 SEMARANG


Judi Prasetyo , 5301410017 (2016) PENGGUNAAN SOFTWARE ELECTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA KELAS XI DI SMK NEGERI 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301410017.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan guru harus selalu mengikuti perkembangan jaman dan teknologi untuk menunjang proses pembelajaran. Berdasarkan pengamatan pada proses pembelajaran Praktek Instalasi Tenaga Listrik kelas XI di SMK N 5 Semarang, bahwa sebagian siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran pada materi praktek instalasi. Software electrical control techniques simulator adalah salah satu program yang digunakan untuk merangkai rangkaian instalasi tenaga yang memiliki kelebihan dapat mensimulasikan rangkaian tersebut. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan software electrical control techniques simulator untuk praktek instalasi tenaga terhadap hasil belajar siswa serta kemudahan penggunaannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen berbentuk kuasi dan model yang digunakan yaitu desain kelompok kontrol prates-pasca tes acak. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 5 Semarang tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 60 siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu tingkat kemenarikan media pembelajaran sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai varibel terikat. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dan tes. Analisis data untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar antara siswa kelas kontrol dengan siswa kelas eksperimen. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan skor angket siswa menunjukkan ketercapaian sebesar 86,29 %. Dari hasil tersebut, maka pembelajaran dengan menggunakan software electrical control techniques simulator dinyatakan menarik dan memudahkan siswa. Berdasarkan perhitungan uji t yang mengalami peningkatan 34,47%, maka software electrical control techniques simulator dapat dinyatakan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Efektif, Software electrical control techniques simulator
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering > Microcontroller
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 27 Nov 2017 14:14
Last Modified: 27 Nov 2017 14:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27790

Actions (login required)

View Item View Item