KELAYAKAN INSTALASI LISTRIK RUMAH TANGGA BERDAYA ≤ 900 VA BERUMUR DI ATAS 15 TAHUN DI DESA BOJONGGEDE KECAMATAN NGAMPEL KABUPATEN KENDAL


ARIS HIDAYAT , 5301409098 (2016) KELAYAKAN INSTALASI LISTRIK RUMAH TANGGA BERDAYA ≤ 900 VA BERUMUR DI ATAS 15 TAHUN DI DESA BOJONGGEDE KECAMATAN NGAMPEL KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301409098.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Menurut PUIL 2000 seluruh instalasi listrik termasuk pengaman, pelindung, dan kelengkapannya, harus terpelihara dengan baik. Karena faktor usia instalasi akan mengalami keausan, penuaan atau kerusakan yang akan mengganggu instalasi. Maka secara berkala instalasi harus diperiksa dan diperbaiki, dan bagian yang aus, rusak atau mengalami penuaan harus diganti. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah tingkat kelayakan instalasi listrik rumah berdaya ≤ 900VA yang berusia di atas 15 tahun di Desa Bojong Gede Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal, serta faktor-faktor apa saja yang menyebabkan tingkat kelayakan suatu instalasi rumah sesuai dengan PUIL 2000. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan informasi tentang tingkat kelayakan instalasi listrik rumah agar bermanfaat untuk semua pihak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi,observasi dan pengukuran. Objek penelitian ini adalah instalasi listrik rumah tangga daya ≤ 900 VA yang pemakaian lebih dari 15 tahun di Desa Bojong Gede Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal dengan teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif porsentase. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa dari delapan faktor yang mempengaruhi tingkat kelayakan instalasi listrik rumah, tingkat kelayakannya sebagai berikut: Faktor kelayakan susut tegangan sebesar 50 buah instalasi, faktor kelayakan tahanan isolasi sebesar 50 buah instalasi, faktor kelayakan Tahanan pembumian 48 buah instalasi, faktor kelayakan Luas penampang penghantar 36 buah instalasi, faktor kelayakan kondisi pengaman 47 buah instalasi, faktor kelayakan kesesuaian polaritas 34 buah instalasi, faktor kelayakan lengkapan sesuai SNI 40 buah instalasi, faktor kelayakan ketinggian kotak kontak 33 buah instalasi. Kelayakan instalasi rumah tangga dari 50 instalasi rumah tangga hanya 16 instalasi rumah saja yang sudah memenuhi kriteria ini. Penyebab-penyebab instalasi yang tidak layak dari masing-masing rumah dikarenakan penggunaan alat-alat dan peralatan listrik yang tidak sesuai ketentuan. Saran yang dianjurkan adalah kepada semua pengguna instalasi listrik untuk tetap merawat dan melakukan uji berkala terhadap instalasinya agar instalasi tetap layak pakai sehingga terhindar dari bahaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Instalasi Listrik, PUIL Tahun 2000
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 27 Nov 2017 14:02
Last Modified: 27 Nov 2017 14:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27788

Actions (login required)

View Item View Item