PROFIL TINGKAT KESEGARAN JASMANI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA KABUPATEN KENDAL TAHUN 2016


DIMAS ARTHA , 6301409147 (2016) PROFIL TINGKAT KESEGARAN JASMANI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA KABUPATEN KENDAL TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301409147.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peranan tingkat kesegaran jasmani dalam permainan bola voli itu sangat penting, karena tingkat kesegaran jasmani merupakan faktor yang mendukung serta menunjang keterampilan saat bermain bola voli, dengan memiliki tingkat kesegaran jasmani yang baik maka performa bermainpun dapat maksimal. Selain itu kesegaran jasmani berhubungan erat dengan kesehatan dan ketrampilan atau skill. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kesegaran jasmani pada siswa ekstrakurikuler bola voli putri SMK Muhammadiyah 2 Boja Kabupaten Kendal tahun 2016 ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani pada siswa ekstrakurikuler bola voli putri SMK Muhammadiyah 2 Boja Kabupaten Kendal. Metode dalam penelitian menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah siswa ekstrakurikuler bola voli putri di SMK Muhammadiyah 2 Boja Kabupaten Kendal tahun 2016 yang berjumlah 25 orang. Seluruh populasi yang digunakan menjadi sampel sehingga menggunakan teknik total sampling. Instrumen tes menggunakan tes Lari cepat 60 meter, Angkat tubuh 30 detik, Baring duduk 60 detik, Loncat tegak, dan Lari 1000 meter. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian terdapat 2 orang memperoleh kategori baik, 16 orang memperoleh kategori sedang dan 7 orang memperoleh kategori kurang. Dengan demikian secara umum menunjukkan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli putri di SMK Muhammadiyah 2 Boja sebagian besar dalam kategori sedang. Saran penelitian ini bagi pihak sekolah SMK Muhammadiyah 2 Boja hendaknya lebih memperhatikan sarana dan prasarana ekstrakurikuler bola voli putri agar siswa memiliki kesempatan lebih dan memperolah hasil latihan yang optimal, bagi siswa peserta ekstrakurikuler bola voli putri di SMK Muhammadiyah 2 Boja, hendaknya lebih serius dalam melakukan pemanasan yang diberikan pelatih agar latihan berjalan dengan baik dan terhindar dari cidera sehingga dapat terciptanya tingkat kesegaran jasmani yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesegaran Jasmani
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 27 Nov 2017 13:47
Last Modified: 27 Nov 2017 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27785

Actions (login required)

View Item View Item