MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT WORD PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS VII DI SMP N 1 SLAWI


Kartika Mayang Septiarum, 5301408051 (2016) MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT WORD PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS VII DI SMP N 1 SLAWI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301408051.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat,sehingga banyak membantu masyakarat dunia untuk menikmati berbagai kemudahan yang telah dihasilkan oleh teknologi tersebut. Tidak terkecuali dalam dunia pendidikan yang tidak harus lagi melakukan pembelajaran di ruang kelas dengan cara menerangkan dipapan tulis yang menjadikan suasana belajar monoton. Permasalan pada penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan dan pembuatan media pembelajaran pada saat mengajarkan materi Microsoft Word pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VII di SMP N 1 Slawi. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran Microsoft Word dan memberikan gambaran tentang pengertian Microsoft Word beserta bagian-bagian jendela Microsft Word yang dapat menggantikan peran guru saat mengajarkan materi Microsoft Word pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian Research and Development (R&D) yaitu suatu desain penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, penelitian ini untuk menguji keefektifan media pembelajaran Microsft Word agar dapat digunakan oleh guru-guru di sekolah.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup sebagai lembar validasi media. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang telah dibuat menurut validator dosen ahli sebagai ahli media termasuk kategori sangat baik dengan persentase 88,5%. Sedangkan menurut lima guru TIK SMP N 1 Slawi media yang telah dibuat yaitu Macromedia Flash termasuk kriteria sangat baik dengan persentase 89,58%. Saran yang diberikan adalah guru sebaiknya selalu mengembangkan media yang menarik dan inovatif agar siswa mengikuti pembelajaran tidak bosan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 25 Nov 2017 12:19
Last Modified: 25 Nov 2017 12:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27777

Actions (login required)

View Item View Item