UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN MATERI SOSIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURBALINGGA


Nur Latifah , 3401412063 (2016) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN MATERI SOSIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412063.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (923kB) | Preview

Abstract

Banyaknya guru yang mengajar bukan pada bidang keahliannya merupakan salah satu problem profesionaisme dalam pendidikan yang harus segera diatasi. Di MA Negeri Purbalingga terdapat guru sosiologi yang bukan berlatar belakang pendidikan asli dari sosiologi akan tetapi harus mengajarkan mata pelajaran sosiologi. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui profil guru sosiologi di MA Negeri Purbalingga, (2) untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan materi sosiologi di MA Negeri Purbalingga, dan (3) untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengembangkan materi sosiologi di MA Negeri Purbalingga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian di MA Negeri Purbalingga. Informan utama adalah guru sosiologi MA Negeri Purbalingga, sedangkan informan pendukung adalah siswa dan guru se-MGMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa: teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan simpulan atau verifikasi. Teori yang digunakan yitu teori kognitif sosial oleh Bandura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dua guru sosiologi di MA N Purbalingga merupakan lulusan dari jurusan BK dan Tadris IPS. Untuk mengajarkan sosiologi beliau mempunyai pengalaman mengajar yang sudah cukup lama dan juga memiliki aktivitas yang medukung seperti belajar di pendidikan non-formal serta belajar dari lingkungan masyarakat sekitar. (2) Guru juga mempunyai upaya yang digunakan dalam mengembangkan materi. Diantaranya yaitu mengupdate kasus dari media, menggunakan lingkungan tempat sekitar dalam menunjang proses pembelajaran, menggunakan bahan ajar lebih dari satu sumber dan sharing melalui MGMP. (3) Kendala yang dihadapi oleh guru sosiologi di MA Negeri Purbalingga seperti kurangnya motivasi pada diri guru, belum maksimal menggunakan media, belum maksimal dalam menggunakan waktu 3 JP dalam proses pembelajaran, kurang luasnya jangkauan WiFi dan kurangnya sarana dan prasarana yang memadai. Saran, perlu meningkatkan motivasi dari dalam diri guru sosiologi agar membuat bahan ajar sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru harus lebih menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga dalam mengembangkan materi akan maksimal. Selain itu bagi pihak madrasah diharapkan dapat melengkapi sarana dan prasarana yang menunjang pelaksanaan pengembangan materi sosiologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Materi, Sosiologi, Upaya guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2017 18:05
Last Modified: 23 Nov 2017 18:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27765

Actions (login required)

View Item View Item