PENGARUH PENGGUNAAN PAPERBOOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PELAJARAN SOSIOLOGI PADA POKOK BAHASAN PERILAKU MENYIMPANG DAN PENGENDALIAN SOSIAL DI KELAS X OLAHRAGA SMA N 5 MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Yumrotus Solikah , 3401412059 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN PAPERBOOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PELAJARAN SOSIOLOGI PADA POKOK BAHASAN PERILAKU MENYIMPANG DAN PENGENDALIAN SOSIAL DI KELAS X OLAHRAGA SMA N 5 MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412059.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (609kB) | Preview

Abstract

Salah satu yang harus diwujudkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran adalah pengembangan media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di sekolah, proses pembelajaran Sosiologi di kelas sangat didominasi oleh metode ceramah konvensional, serta media belajar yang hanya terbatas pada LKS. Selain itu, berdasarkan daftar nilai Sosiologi kelas X Olahraga di SMA N 5 Magelang tahun pelajaran 2015/2016 khususnya pada materi Perilaku Menyimpang dan Pengendalian Sosial, dapat diketahui bahwa rata-rata nilai mencapai 75,72. Hal ini dinilai oleh Guru Mata Pelajaran Sosiologi di SMA N 5 masih tergolong belum memuaskan, sehingga bisa ditingkatkan lagi menjadi lebih baik. Materi pembelajaran Sosiologi dinilai saangat cocok untuk divisualisasikan dalam bentuk media cetak ini dikarenakan pada materi-materi tertentu bisa mengambil contoh dengan peristiwa yang terjadi di sekitar kita atau di lingkungan luas pada umumnya. Media pembelajaran dalam bentuk media cetak salah satu diantaranya adalah Paper Book. Paper Book merupakan bentuk inovasi dalam media cetak yang dapat dikembangkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran Sosiologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa serta tanggapan mereka terhadap media Paper Book. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif yang mana selain peneliti menyajikan data berupa angka, peneliti juga menjelaskan deskriptif melalui data lainnya. Penelitan ynag dilakukan meliputi beberapa tahapan. Dimulai dari observasi kelas, mencari potensi dan masalah, pengumpulan data, menentukan materi yang tepat, mendesain produk, memvalidasi desain produk, sampai pada tahap menjadi produk akhir yang siap digunakan. Variabel penelitian ini meliputi uji kelayakan paper book, dan prestasi hasil belajar siswa. Serta untuk melengkapi data disertakan pula tanggapan peserta didik terhadap penggunaan paper book. Simpulan penelitian ini adalah paper book merupakan bentuk inovasi yang dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran Sosiologi yang berbasis media cetak. Rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen sebelum penggunaan media adalah sebesar 75,72, setelah pemakaian media rata-rata nilai adalah 85,88 ini menunjukan ada perbedaan yang signifikan. Penggunaan media paper book sebagai media pembelajaran Sosiologi, mampu meningkatkan prestasi belajar secara signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Paper Book, Prestasi
Subjects:
L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2017 17:55
Last Modified: 23 Nov 2017 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27759

Actions (login required)

View Item View Item