HUBUNGAN KELINCAHAN, POWER TUNGKAI, DAN KECEPATAN TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLE BOLA BASKET TIM PUTRA SMAN 1 INDRAMAYU TAHUN 2016


Andang Purwanto , 6301409145 (2016) HUBUNGAN KELINCAHAN, POWER TUNGKAI, DAN KECEPATAN TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLE BOLA BASKET TIM PUTRA SMAN 1 INDRAMAYU TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301409145.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Di setiap pertandingan dalam tournament PERBASI Indramayu. Hal tersebut dapat terlihat dari pemain yang sering kehilangan bola saat mendribble. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kelincahan, power tungkai, dan kecepatan terhadap kemampuan dribble. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes lari dogging run melewati rambu (kun), tes lari cepat 30 meter, dan tes dribble zig-zag yang diukur dengan stopwatch, tes loncat tegak menggapai papan vertical. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan kelincahan terhadap kemampuan dribble sebesar 65%; ada hubungan yang signifikan power tungkai terhadap kemampuan dribble sebesar 2%; ada hubungan yang signifikan kecepatan terhadap kemampuan dribble sebesar 28%; ada hubungan yang signifikan kelincahan, power tungkai, dan kecepatan terhadap kemampuan dribble sebesar 95,6%. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan pihak pelatih Tim Bola Basket lebih meningkatkan kemampuan mendribble supaya mampu bermain basket dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelincahan, Power Tungkai, Kecepatan, Kemampuan Dribble
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 23 Nov 2017 17:58
Last Modified: 23 Nov 2017 17:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27758

Actions (login required)

View Item View Item