PENGARUH LATIHAN PASSING BAWAH DENGAN SASARAN BERPINDAH DAN BERGERAK TERHADAP KETEPATAN HASIL PASSING DALAM SEPAKBOLA PADA SISWA SSB TERANG BANGSA U-14 TAHUN 2014


Shibghah Ikhsan Prihanto , 6301409099 (2016) PENGARUH LATIHAN PASSING BAWAH DENGAN SASARAN BERPINDAH DAN BERGERAK TERHADAP KETEPATAN HASIL PASSING DALAM SEPAKBOLA PADA SISWA SSB TERANG BANGSA U-14 TAHUN 2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301409099.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian: 1) Apakah ada pengaruh metode latihan passing bawah sasaran berpindah terhadap ketepatan hasil passing bola bawah dalam sepakbola. 2) Apakah ada pengaruh metode latihan passing sasaran bergerak terhadap ketepatan hasil passing bola bawah dalam sepakbola. 3) Manakah yang lebih baik antara latihan passing sasaran berpindah dan bergerak terhadap ketepatan hasil passing bola bawah dalam sepakbola. Penelitian bertujuan untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh metode latiham passing sasaran berpindah terhadap ketepatan hasil passing bola bawah dalam sepakbola. 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan passing sasaran bergerak terhadap ketepatan passing bola bawah dalam sepakbola. 3) Mengetahui hasil yang lebih baik antara latihan sasaran berpindah dan bergerak terhadap ketepatan hasil passing bola bawah dalam sepakbola. Metode penelitian dengan eksperimen pola M-S atau macthing by subjek design. Populasi penelitian siswa SSB Terang Bangsa tahun 2014, sampel penelitian siswa U-14 sejumlah 20 orang dengan teknik total sampling. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel bebas yaitu latihan sasaran berpindah dan bergerak serta satu variabel terikat yaitu kemampuan passing bola bawah. Instrumen tes menggunakan tes passing bola. Analisis data menggunakan statistik uji t dengan taraf signifikasi 5% dan d.b n-1. Hasil penelitian : 1) Kelompok eksperimen 1 diketahui thitung > ttabel atau 5,238 > 1,83, berarti ada pengaruh yang signifikan, 2) Pada kelompok eksperimen 2 diketahui thitung < ttabel atau 1,742 < 1,83, tidak ada pengaruh yang signifikan, 3) Hasil uji post test kelompok eksperimen 1 dan 2 diketahui thitung > ttabel. atau 2,121 > 1.83, berarti ada perbedaan yang signifikan dan mean kelompok experimen 1 > kelompok experimen 2 dari 6.4 > 5.4, berarti latihan experimen 1 lebih baik daripada latihan experimen 2. Kesimpulan hasil penelitian 1) Ada pengaruh yang signifikan metode latihan sasaran berpindah dan tidak ada pengaruh yang signifikan pada metode latihan sasaran bergerak terhadap kemampuan passing bola bawah dalam sepakbola. 2) Latihan metode passing sasaran berpindah memberikan hasil lebih baik daripada metode metode passing sasaran bergerak terhadap kemampuan passing bola bawah dalam sepak bola. Saran penelitian: 1.) Meningkatkan kemampuan passing bola bawah dalam permainan sepakbola dapat menggunakan metode passing bawah sasaran berpindah, dan latihan dengan metode passing bawah sasaran bergerak dapat digunakan pelatih sepakbola sebagai salah satu bentuk variasi latihan. 2.) Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian sejenis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sasaran Berpindah, Bergerak, Passing bawah
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 23 Nov 2017 17:34
Last Modified: 23 Nov 2017 17:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27749

Actions (login required)

View Item View Item