PENGHARGAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Sharfina Karamina , 3401412054 (2016) PENGHARGAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412054.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (411kB) | Preview

Abstract

Penghargaan merupakan salah satu bentuk apresiasi seseorang atas usaha yang telah dilakukannya, penghargaan bisa dikaitkan pada pemberian dalam bentuk barang, lisan, atau tulisan oleh seseorang atas prestasi yang telah didapatkan. Penghargaan sekolah terhadap siswa berprestasi beranekaragam, salah satu sekolah yang mempunyai banyak siswa berprestasi dan merupakan sekolah favorit karena prestasinya yaitu SMA Negeri 1 Batang. Penelitian ini bertujuan (1)Untuk mengetahui penghargaan sekolah terhadap prestasi siswa siswi di SMA Negeri 1 Batang. (2)Untuk mengetahui makna penghargaan sekolah bagi siswasiswi berprestasi di SMA Negeri 1 Batang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 1 Batang, dengan subjek penelitian yaitu pihak sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Sedangkan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan simpulan atau verifikasi. Teori yang digunakan untuk mengkaji penelitian adalah Teori Pemberian Marcel Mauss. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)Terdapat pertimbangan dalam memberikan penghargaan terhadap siswa-siswi (2)Adanya bentuk-bentuk penghargaan antara lain; Penghargaan berdasarkan sumbernya (penghargaan dari sekolah dan penghargaan dari guru), Penghargaan berdasarkan jenisnya (penghargaan dalam bentuk material dan penghargaan dalam bentuk nonmaterial). (3)Makna penghargaan sebagai motivasi dan bimbingan, upaya mempertahankan penghargaan; upaya dari sekolah dan upaya dari siswa-siswi. Pemberian penghargaan yang berlaku di SMA Negeri 1 Batang, sistem tukarmenukar pemberian penghargaan ini merupakan penggerak terwujudnya dinamika dalam sekolah karena dilandasi prinsip persaingan dan solidaritas sosial yang menyeluruh. Pemberian dalam Mauss hanya melihat dua pihak saja akan tetapi dalam pemberian yang ditemukan dalam penelitian melihat pemberian dari tiga pihak yaitu sekolah, pesertadidik berprestasi dan peserta didik yang kurang berprestasi. Sekolah memberikan penghargaan terhadap peserta didik berprestasi namun tanpa disadari peserta didik yang kurang berprestasi juga mendapatkan dukungan dari peserta didik yang berprestasi. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut 1)Bagi sekolah penghargaan yang diberikan seharusnya disesuaikan dengan keadaan ekonomi masing-masing siswa-siswi yang berprestasi sehingga siswa-siswi yang berprestasi merasa dihargai. 2)Bagi siswa-siswa, dapat membagi waktu antara ekstrakurikuler yang satu dengan ekstrakurikuler yang lain apabila tidak bisa membagi waktu maka pilih salah satu ekstrakurikuler yang dirasa lebih unggul.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penghargaan, Sekolah dan Guru, Siswa Berprestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2017 13:43
Last Modified: 23 Nov 2017 13:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27740

Actions (login required)

View Item View Item