PENGARUH CAMPURAN BIODIESEL MINYAK RUMPUT LAUT GRACILARIA VERRUCOSA PADA BAHAN BAKAR SOLAR TERHADAP UNJUK KERJA DAN EMISI GAS BUANG MESIN DIESEL


Mochamad Taufiq Ichsan , 5212412045 (2016) PENGARUH CAMPURAN BIODIESEL MINYAK RUMPUT LAUT GRACILARIA VERRUCOSA PADA BAHAN BAKAR SOLAR TERHADAP UNJUK KERJA DAN EMISI GAS BUANG MESIN DIESEL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5212412045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh campuran biodiesel gracilaria verrucosa pada bahan bakar solar terhadap unjuk kerja dan emisi gas buang yang dihasilkan mesin diesel. Variasi campuran biodiesel yang digunakan adalah B-0, B-5, B-10 dan B-15 dan putaran mesin yang digunakan sebesar 1600, 1800, 2000, 2300 dan 2500 rpm. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Produksi biodiesel minyak rumput laut menggunakan metode transesterifikasi. Pengujian unjuk kerja mesin diesel menggunakan eddy current dynamometer. Data hasil penelitian dianalisis dengan cara mengamati secara langsung hasil eksperimen kemudian menentukan dan menyimpulkan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk grafik dan tabel. Dua hal yang diamati dalam penelitian ini adalah pengaruh variasi campuran biodiesel terhadap unjuk kerja yang dihasilkan dan pengaruh variasi campuran terhadap emisi gas buang yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unjuk kerja yang dihasilkan mengalami penurunan seiring dengan penambahan campuran biodiesel pada bahan bakar solar. Semakin banyak campuran biodiesel yang ditambahkan semakin kecil unjuk kerja yang dihasilkan. Campuran biodiesel B-10 menghasilkan unjuk kerja dan emisi gas buang mesin diesel optimal dibanding campuran lainnya. Campuran biodiesel B-10 menghasilkan rata-rata torsi sebesar 116,9489Nm, sedangkan daya yang dihasilkan dengan rata-rata sebesar 24,9261 kW. Konsumsi bahan bakar optimal dihasilkan campuran B-15 dengan rata-rata sebesar 6,792 kg/m. Secara umum penggunaan campuran biodiesel dapat menghemat bahan bakar daripada solar murni. Penggunaan campuran biodiesel dapat menurunkan emisi NOx yang dihasilkan mesin diesel.Emisi gas buang terendah yang dihasilkan berada pada campuran B-10 dengan rata-rata sebesar 286 ppm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rumput laut , Biodiesel, Unjuk Kerja, Emisi gas buang.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 23 Nov 2017 13:06
Last Modified: 23 Nov 2017 13:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27735

Actions (login required)

View Item View Item