TUGAS AKHIR PERAKITAN SISTEM KEMUDI POWER STEERING TIPE RACK AND PINION PADA MOBIL LISTRIK
Rindang Aditya, 5211311012 (2016) TUGAS AKHIR PERAKITAN SISTEM KEMUDI POWER STEERING TIPE RACK AND PINION PADA MOBIL LISTRIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi yang sangat cepat mendorong manusia mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru. Di era modern saat ini banyak diciptakan teknologi baru yang efisien dan ramah lingkungan. Dari kendaraan yang menggunakan sistem karburator, kemudian dikeluarkan EFI atau Electronic Fuel Injection dan saat ini muncul teknologi terbaru yaitu kendaraan listrik. Tugas akhir ini berupa proyek mobil listrik, dan penulis mendapat bagian sistem kemudi. Kendaraan listrik tidak menggunakan bahan bakar minyak seperti sistem karburator dan sistem EFI yang masih diproduksi sampai saat ini, melainkan sistem kerja dari kendaraan listrik berpusat pada sistem penggerak yang disuplai dari baterai atau aki. untuk mendukung kinerja pada mobil listrik yang ramah lingkungan, sistem kemudi power steering mampu bekerja secara efisien. Sistem kemudi adalah untuk mengatur arah kendaraan dengan cara membelokkan roda depan. Bila roda kemudi diputar, steering column akan meneruskan tenaga putarnya ke steering gear, steering gear memperbesar tenaga putar sehingga dihasilkan momen yang lebih besar untuk menggerakkan roda depan melalui steering lingkage. Proyek tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui cara membuat konstruksi, mengetahui nama dan fungsi serta dapat mengetahui prinsip kerja sistem kemudi power steering tipe rack and pinion pada mobil listrik. Cara kerja power steering adalah dengan cara membantu memperingan beloknya roda depan dengan sistem hidrolis. Sistem power steering kerjanya mengandalkan tekanan fluida, sehingga momen yang didapat besar. Sistem power steering mempunya beberapa komponen utama yang terdiri dari tangki reservoir, vane pump, gear book, power piston, steering gear, pipa-pipa fluida dan selang-selang fleksibel. Kesimpulan yang didapat dari sistem kemudi bahwa sistem kemudi memerlukan adanya sistem power steering yang dapat meringankan dalam mengemudi, walaupun power steering terjadi kerusakan, mobil masih dapat dikendalikan secara manual(tanpa power steering).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Latar belakang, metode pengumpulan data, simpulan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3 |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 23 Nov 2017 12:35 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 12:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27724 |
Actions (login required)
View Item |