FUNGSI BIMBINGAN KETERAMPILAN VOKASIONAL (VOCATIONAL SKILL) BAGI PENYANDANG DISABILITAS NETRA ( Studi di Balai Rehabilitasi Sosial Disabilitas Netra “Pendowo” Kudus )


Lina Afriliani , 3401412040 (2016) FUNGSI BIMBINGAN KETERAMPILAN VOKASIONAL (VOCATIONAL SKILL) BAGI PENYANDANG DISABILITAS NETRA ( Studi di Balai Rehabilitasi Sosial Disabilitas Netra “Pendowo” Kudus ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412040.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (471kB) | Preview

Abstract

Penyandang disabilitas netra merupakan kaum minoritas yang keberadaannya masih terpinggirkan. Keterbatasan fungsi pada indera penglihatan yang diderita penyandang disabilitas mengakibatkan kesulitan dalam mengakses pekerjaan dan dianggap kurang produktif, sehingga keberadaan penyandang disabilitas netra di lingkungan masyarakat saat ini diketahui bahwa masih banyak yang kondisi hidupnya jauh dari kemandirian, baik sosial maupun ekonomi. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui bentuk bimbingan keterampilan vokasional yang dilaksanakan di Balai Rehabilitasi Sosial Disabilitas Netra “Pendowo” Kudus (2) mengetahui bagaimana fungsi bimbingan keterampilan vokasional bagi para penyandang disabilitas netra (3) mengetahui faktor penghambat dan pendukung saat proses pelaksanaan bimbingan keterampilan vokasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di Balai Rehabilitasi Sosial Disabilitas Netra “Pendowo” Kudus.Subyek dalam penelitian yaitu Kepala Balai Rehabilitasi Sosial, Pembimbing, Penerima Manfaat, Alumni dan Orangtua alumni. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan analisis data model interaktif yang mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dianalisis dengan teori fungsionalisme struktural dan konsep kemandirian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk keterampilan vokasional yang diberikan berupa keterampilan kerajinan tangan & keterampilan massage; (2) Pelaksanaan kegiatan bimbingan keterampilan vokasional yang dilakukan dapat meningkatkan kemandirian juga menambah pengetahuan, pengalaman, dan memberikan skill bagi penerima manfaat sehingga siap untuk terjun ke dunia kerja. Pelaksanaan bimbingan dimulai dari penyampaian materi, praktek, evaluasi dan magang khusus keterampilan massage; (3) Hambatan yang dialami, adanya latar belakang pendidikan masing-masing penerima manfaat yang berbeda-beda dan tenaga ahli yang terbatas. Saran bagi Balai Rehabilitasi Sosial untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait adanya pelayanan rehabilitasi, mengembangkan pelayanan rehabilitasi sosial dengan kegiatan bimbingan-bimbingan lainnya seta menambah beberapa jumlah staff pembimbing;

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fungsi, Keterampilan Vokasional, Penyandang Disabilitas Netra
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Disability
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Disability
L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2017 17:32
Last Modified: 22 Nov 2017 17:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27719

Actions (login required)

View Item View Item