PENDIDIKAN PEMBEBASAN MELALUI PEMBELAJARAN SUKARELA CHILD EDU CHARITY (Studi Kasus pada Masyarakat Delik Sari Kec. Gunungpati, Kota Semarang)


Sulipah , 3401412035 (2016) PENDIDIKAN PEMBEBASAN MELALUI PEMBELAJARAN SUKARELA CHILD EDU CHARITY (Studi Kasus pada Masyarakat Delik Sari Kec. Gunungpati, Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412035.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (512kB) | Preview

Abstract

Anak-anak Delik Sari mengenyam pendidikan formal, tetapi kualitas sekolah kurang bagus dan kesibukan kerja orang tua menyebabkan perkembangan mereka kurang diperhatikan. Hal tersebut mengakibatkan banyak anak Delik Sari yang mengalami permasalahan baik dalam bidang akademik maupun perkembangan karakter. Adanya fenomena tersebut Bimbingan Belajar Child Edu Charity berperan serta memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak Delik Sari melalui pembelajaran sukarela. Proses pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh bimbingan belajar tersebut bisa membantu memberikan solusi atas permasalahan yang dialami anak-anak Delik Sari. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran sukarela terhadap anak-anak Delik Sari; (2) mengetahui faktor pendorong dan faktor penghambat dari pelaksanaan pembelajaran sukarela terhadap anak-anak Delik Sari; (3) mengetahui hasil yang telah dicapai dari pelaksanaan pembelajaran sukarela terhadap anak-anak Delik Sari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan dilaksanakan di. Bimbingan Belajar Child Edu Charity. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak didik yang mengikuti Bimbingan Belajar Child Edu Charity. Informan pendukung dalam penelitian ini yaitu pengurus Bimbingan Belajar Child Edu Charity, orang tua anak didik, dan Ketua RW Dukuh Delik Sari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran sukarela oleh Bimbingan Belajar Child Edu Charity dilaksanakan seminggu satu kali yaitu pada hari Jumat pukul 16.00 sampai 17.00 WIB, metode yang digunakan metode dialog, kegiatan yang dilakukan berupa kegiatan pendidikan, pemberian makanan tambahan/snack, dan kegiatan keterampilan. (2) Faktor pendukung dan penghambat yaitu antusias dari pihak pendiri bimbingan belajar yang ingin memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak Delik Sari, faktor penghambat diantaranya tenaga pendidik minim dan dana yang minim. (3) Hasil yang dicapai yaitu anak didik yang mengalami masalah dalam akademik bisa terbantu dengan mengikuti bimbingan belajar, anak didik lebih memiliki sikap perilaku yang positif. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: Bagi masyarakat Delik Sari agar lebih memperhatikan kebutuhan anak-anak, terutama kebutuhan akan pentingnya pendidikan bagi anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Child Edu Charity, Pembelajaran Sukarela, Pendidikan Pembebasan.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2017 17:20
Last Modified: 22 Nov 2017 17:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27717

Actions (login required)

View Item View Item