PENGARUH PENGGUNAAN KARBON AKTIF PADA SALURAN BUANG TERHADAP EMISI GAS BUANG SEPEDAMOTOR


Anton Wicaksana , 5202412073 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN KARBON AKTIF PADA SALURAN BUANG TERHADAP EMISI GAS BUANG SEPEDAMOTOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202412073.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi di bidang transportasi harus disinergikan dengan perbaikan dalam pengolahan emisi gas buang. Pengolahan emisi gas buang yang baik dapat berdampak pada emisi yang semakin ramah lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan karbon aktif tempurung kelapa pada saluran buang terhadap emisi gas buang sepeda motor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan statistik deskriptif. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian adalah variasi volume silindris karbon aktif. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah emisi gas buang CO dan HC. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan karbon aktif tempurung kelapa pada saluran buang terhadap emisi gas buang sepeda motor berupa penurunan konsentrasi emisi gas buang CO dan HC yang dihasilkan sepeda motor. Menurunnya emisi gas buang karena karbon aktif bersifat penyerap (adsorben) dan memiliki permukaan pori–pori yang luas untuk menyerap partikel gas buang sehingga mampu menurunkan kadar CO dan HC pada emisi. Kadar CO terendah pada volume silindris karbon aktif 482,4 cm3 dengan rata – rata 2,15967 %. Begitupun kadar HC terendah pada volume silindris karbon aktif 482,4 cm3 dengan rata-rata 719,333 ppm. Saran dari penelitian ini adalah apabila ingin menurunkan emisi gas buang terutama CO dan HC sebaiknya menggunakan media adsorben karbon aktif dengan volume 482,4 cm3. Karena karbon aktif yang dibentuk berasal dari bentuk serbuk, maka perlu dilakukan pengecekan terhadap media adsorben tersebut dari kondisi pecah atau rapuh. Perlu diteliti mengenai variasi suhu aktivasi pada karbon aktif untuk mengetahui berapa suhu aktivasi yang paling baik untuk mengaktifkan arang tempurung kelapa. Perlu diteliti mengenai seberapa lama karbon aktif secara maksimal digunakan sebagai adsorben gas buang sehingga mencapai titik jenuhnya. Perlu diteliti mengenai penggunaan bahan kimia aktivator untuk memutus ikatan hidrokarbon sehingga pori-pori permukaan arang menjadi lebih luas. Karena teknologi semakin maju maka perlu diadakan penelitian penggunaan karbon aktif pada sepeda motor tipe injeksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karbon aktif tempurung kelapa, penyerap (adsorben), pori–pori, emisi gas buang
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 22 Nov 2017 17:30
Last Modified: 22 Nov 2017 17:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27713

Actions (login required)

View Item View Item