PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN WHEEL ALIGNMENT DI SMK NEGERI 2 SURAKARTA


Muhammad Aji Susilo , 5202412062 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN WHEEL ALIGNMENT DI SMK NEGERI 2 SURAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202412062.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengetahui adanya peningkatan hasil belajar kognitif dan seberapa besar peningkatan hasil belajar kognitif siswa SMK Negeri 2 Surakarta pada pembelajaran wheel alignment yang ditunjang oleh media pembelajaran berbasis aplikasi android. Model pengembangan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan True Experimental Designs dengan bentuk pretest-posttest control group design. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran aplikasi android dibuat dengan software online MIT App Inventor. Media pembelajaran aplikasi android mendapatkan penilaian dari ahli materi dan ahli media dengan persentase 82% atau dengan kriteria sangat layak untuk digunakan. Media pembelajaran juga mendapatkan tanggapan sangat positif dari siswa dengan persentase sebesar 93,11%. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar kognitif secara signifikan pada kelas yang menggunakan aplikasi android untuk pembelajaran wheel alignment di SMK Negeri 2 Surakarta yang terbukti oleh hasil thitung (63,3) > ttabel (2,045) dengan taraf signifikansi 0,5. Hasil penelitian ini juga menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen sebesar 0,71 (nilai gain) dengan kriteria tinggi. Nilai gain tersebut lebih besar dibandingkan nilai gain pada kelas kontrol yang sebesar 0,55 dengan kriteria sedang. Saran dari penelitian ini adalah bagi siswa, guru, dan SMK Negeri 2 Surakarta. Bagi siswa, siswa hendaknya lebih mandiri berusaha meningkatkan kompetensi, hasil belajar, dan lebih aktif dalam memanfaatkan media. Bagi guru, guru diharapkan dapat menyampaikan materi dengan lebih baik dengan menggunakan aplikasi android yang telah dikembangkan serta mengembangkannya kembali. Bagi SMK Negeri 2 Surakarta, pihak sekolah diharapkan dapat menggunakan media pembelajaran yang telah dikembangkan untuk diterapkan pada pembelajaran wheel aligment dan dapat memberikan pelatihan bagi guru untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, aplikasi android, hasil belajar, wheel alignment.
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 22 Nov 2017 17:30
Last Modified: 22 Nov 2017 17:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27711

Actions (login required)

View Item View Item