PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SISTEM KELISTRIKAN AC (AIR CONDITIONER) MOBIL PADA MATA KULIAH SISTEM AC PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Hendra Saputra , 5202412043 (2016) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SISTEM KELISTRIKAN AC (AIR CONDITIONER) MOBIL PADA MATA KULIAH SISTEM AC PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202412043.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui media pembelajaran untuk materi sistem kelistrikan AC dalam bentuk alat peraga yang dikembangkan valid untuk diterapkan sebagai media pembelajaran, dan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran peraga sistem kelistrikan AC pada mata kuliah sistem AC di Jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Semarang. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development / R&D dengan model pengembangan 4D model yang terdiri dari tahap Define (pendefinisian), tahap Design (perancangan), tahap Develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Analisis evaluasi hasil belajar dilakukan secara eksperimen. Eksperimen dilakukan dengan cara membandingkan dengan keadaan sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media baru (One Group Pretest-Posttest Design). Hasil penelitian media peraga sistem kelistrikan AC yang dikembangkan sangat valid dengan hasil analisis penilaian dari validator ahli media dengan jumlah skor total 179 berada pada kriteria sangat valid dan penilaian ahli materi dengan jumlah skor total 229 berada pada kriteria sangat valid. Media peraga sistem kelistrikan AC juga efektif untuk diterapkan sebagai media peraga dalam pembelajaran dengan hasil belajar peserta didik (post-test) lebih tinggi dari pada hasil belajar peserta didik (pre-test) yaitu dengan rata-rata hasil belajar (post-test) sebesar 69,68 dan peserta didik (pre-test) sebesar56,52. Hal ini terbukti dari hasil uji t-berpasangan bahwa nilai thitung = 6,213 > dari ttabel = 2,043 maka bisa dikatakan Ha diterima, dan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar yang signifikan. Saran kepada tenaga pendidik, dengan menggunakan alat peraga yang sudah dikembangkan, tenaga pendidik dapat lebih memotivasi peserta didik terutama pada sistem kelistrikan AC (Air Conditioner) mobil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat peraga, sistem kelistrikan AC
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 22 Nov 2017 16:45
Last Modified: 22 Nov 2017 16:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27707

Actions (login required)

View Item View Item