PENGARUH VARIASI KUAT MEDAN MAGNET PADA SALURAN BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG HONDA MEGA PRO 2008
Selamet Pujianto , 5202412048 (2016) PENGARUH VARIASI KUAT MEDAN MAGNET PADA SALURAN BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG HONDA MEGA PRO 2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kemajuan teknologi di bidang transportasi mendorong berbagai elemen masyarakat untuk berfikir kreatif dan mencari solusi untuk meningkatkan performa mesin . Meningkatnya performa mesin akan menyebabkan proses pembakaran menjadi lebih baik dan berdampak pada emisi gas buang yang ramah lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi kuat medan magnet pada saluran bahan bakar terhadap performa dan emisi gas buang honda mega pro 2008. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan statistik deskriptif. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian adalah variasi kuat medan magnet. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah performa mesin dan emisi gas buang CO dan HC. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan variasi kuat medan magnet pada saluran bahan bakar terhadap performa dan emisi gas buang honda mega pro 2008 berupa peningkatan performa mesin dan penurunan konsentrasi emisi gas buang CO dan HC yang dihasilkan honda mega pro 2008. Naiknya performa mesin karena adanya resonasi partikel-partikel bahan bakar, sehingga ikatan atom dalam molekul lepas dan menyebabkan molekul menjadi bermuatan.rantai hidrokarbon akan menjadi stabil dan lebih reaktif sebelum bahan bakar masuk ke dalam mesin, sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna dan menghasilkan emisi gas buang yang lebih baik. Daya tertinggi didapatkan pada putaran mesin 8000 rpm dengan pemasangan alat ionisasi elektromagnet dengan kuat medan magnet 99 gauss sebesar 8,47 KW dengan torsi 10,03 Nm. Sedangkan daya yang dihasilkan pada standard dengan putaran mesin 8000 rpm hanya sebesar 7,58 KW dengan torsi 9,01 Nm. Untuk emisi gas buang HC penurunan didapatkan pada alat ionisasi elektromagnet dengan variasi kuat medan magnet 99 gauss dengan rata-rata sebesar 1358 ppm. Sedangkan untuk CO penurunan didapatkan pada alat ionisasi elektromagnet dengan variasi kuat medan magnet 99 gauss dengan rata-rata sebesar 11.27%. Hasil penelitian menunjukkan daya dan torsi terbesar diperoleh pada penggunaan alat ionisasi elektromagnet dengan variasi kuat medan magnet 99 gauss yang diikuti dengan penurunan emisi gas buang HC dan CO, sehingga disarankan pada sepeda motor Honda Mega Pro 2008 untuk mendapatkan performa dan emisi gas buang yang baik dengan menggunakan alat ionisasi elektromagnet dengan variasi kuat medan magnet 99 gauss. Karena teknologi semakin maju maka perlu diadakan penelitian penggunaan alat ionisasi elektromagnet pada sepeda motor tipe injeksi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kuat medan magnet, performa mesin, emisi gas buang |
Subjects: | L Education > Special Education > Automotive Education L Education > Special Education > Automotive Education L Education > Special Education > Automotive Education |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 16:45 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 16:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27706 |
Actions (login required)
View Item |