ANALISIS PENGGUNAAN KATALIS TEMBAGA PADA KNALPOT TERHADAP EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR HONDA GL-PRO


Slamet Eko Budiarto , 5202412042 (2016) ANALISIS PENGGUNAAN KATALIS TEMBAGA PADA KNALPOT TERHADAP EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR HONDA GL-PRO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202412042.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi di bidang transportasi harus disinergikan dengan perbaikan dalam pengolahan emisi gas buang. Pengolahan emisi gas buang yang baik dapat berdampak pada emisi yang semakin ramah lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan katalis tembaga tanpa sekat (Model 1) dan katalis tembaga dengan sekat (Model 2) pada knalpot terhadap emisi gas buang sepeda motor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan analisis data statistik deskriptif. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian adalah variasi katalis tembaga. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah emisi gas buang HC dan CO. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh katalis tembaga pada knalpot terhadap emisi gas buang sepeda motor berupa penurunan konsentrasi emisi gas buang CO dan HC yang dihasilkan sepeda motor. Menurunnya emisi gas buang karena katalis tembaga bersifat penghantar listrik yang baik sehinga mampu menurunkan kadar HC dan CO pada emisi. Kadar HC terendah 326 ppm pada penggunaan katalis tembaga model 1 dan model 2 dengan putaran mesin 2000 rpm dan temperatur 140o C. Kadar CO terendah pada penggunaan katalis tembaga model 2 dengan putaran mesin 2500 rpm dan suhu 150o C yaitu sebesar 2,52 % volume. Saran dari penelitian ini adalah apabila ingin menurunkan emisi gas buang terutama HC dan CO sebaiknya menggunakan alat yang mampu mengukur putaran mesin lebih dari 2500 rpm agar diketahui hasil emisi gas buang dari penggunaan knalpot berkatalis tembaga yang lebih variatif. Perlu dilakukan penelitian menggunakan bentuk serta material katalisator yang berbeda misalnya bentuk katalis berupa pipa yang disusun secara seri dan dikombinasi dengan plat berlubang, hal ini dikarenakan dengan katalis bentuk plat berlubang sebagian belum menunjukkan penurunan emisi yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Katalis tembaga, penghantar panas, emisi gas buang
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 22 Nov 2017 16:45
Last Modified: 22 Nov 2017 16:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27705

Actions (login required)

View Item View Item