PENGARUH LATIHAN BARRIER HOPS DAN PANJANG TUNGKAI TERHADAPHASIL TENDANGAN JARAK JAUH (Penelitian Eksperimen Pada Pemain SSB Persip Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara Tahun 2014)


Danang Ragil W, 6301409038 (2016) PENGARUH LATIHAN BARRIER HOPS DAN PANJANG TUNGKAI TERHADAPHASIL TENDANGAN JARAK JAUH (Penelitian Eksperimen Pada Pemain SSB Persip Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara Tahun 2014). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301409038.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah: 1) Apakah ada pengaruh latihan barrier hops terhadap hasil tendangan jarak jauh?, 2) Apakah ada pengaruh tungkai panjang dan pendek terhadap hasil tendangan jarak jauh? 3) Apakah ada interaksi latihan barrier hops dan panjang tungkai terhadap hasil tendangan jarak jauh? Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya : 1) Pengaruh Latihan barrier hops terhadap hasil tendangan jarak jauh 2) Pengaruh tungkai panjang dan pendek terhadap hasil tendangan jarak jauh 3) Interaksi antara latihan barrier hops dan panjang tungkai terhadap hasil tendangan jarak jauh. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian faktorial 2x2. Populasi penelitian pemain SSB Persip tahun 2014 berjumlah 56 pemain. Sampel penelitian berjumlah 18 pemain dengan teknik purposive sampling. Penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu latihan barrier hops dan panjang tungkai. Variabel terikat yaitu tendangan jarak jauh. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t dan anova dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil analisis uji t pada perlakuan A(Latihan barrier hops) diperoleh nilai thitung= 2,78 > 2,04. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaaan kualitas tendangan jarak jauh sebelum dan setelah diberikan latihan barrier hops terhadap hasil tendangan jarak jauh dan analisis anova di peroleh nilai Fh pada perlakuan B (Panjang Tungkai) sebesar = 15.687 dengan signifikasi 0,000. ini berarti bahwa Fh signifikan karena signifikansinya < 0,05. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara tungkai yang panjang dengan tungkai yang pendek terhadap hasil tendangan jarak jauh. Nilai Fhitung pada interaksi A dan B (latihan barrier hops dan panjang tungkai) sebesar = 1.044 dengan signifikansi = 0,315 = 31,5% > 5% maka disimpulkan Fh tidak signifikan. Hipotesis tidak diterima yang menyatakan tidak terdapat interaksi yang signifikan antara latihan barrier hops dan panjang tungkai terhadap hasil tendangan jarak jauh. Saran berdasarkan hasil penelitian bagi pelatih adalah: 1) Agar dalam melatih tendangan jarak jauh perlu memperhatikan aspek power tungkai dengan cara memberikan latihan barrier hops. 2) Agar dalam melatih tendangan jarak jauh dapat memberikan latihan barrier hops karena gerakan pada latihan tersebut menyerupai gerakan saat melakukan tendangan sehingga akan memberikan hasil tendangan jarak jauh yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sepakbola, barrier hops, panjang tungkai, tendangan jarak jauh.
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 22 Nov 2017 15:50
Last Modified: 22 Nov 2017 15:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27701

Actions (login required)

View Item View Item