PENGARUH PENAMBAHAN MINYAK TERPENTIN (PINUS SP) DAN MINYAK CENGKEH PADA BAHAN BAKAR PREMIUM TERHADAP PERFORMA DAN EMISI KENDARAAN BERMOTOR


Rizki Kurniawan , 5202412008 (2016) PENGARUH PENAMBAHAN MINYAK TERPENTIN (PINUS SP) DAN MINYAK CENGKEH PADA BAHAN BAKAR PREMIUM TERHADAP PERFORMA DAN EMISI KENDARAAN BERMOTOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202412008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan minyak terpentin dan minyak cengkeh pada bahan bakar premium terhadap performa dan emisi kendaraan bermotor, serta mengetahui pada komposisi berapakah campuran minyak terpentin dan minyak cengkeh pada bahan bakar premium menghasilkan performa paling baik dan emisi paling rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Performa kendaraan bermotor berupa daya efektif dan torsi dianalisis dengan menggunakan alat dynamometer, sedangkan konsumsi bahan bakar spesifik menggunakan alat buret ukur, kemudian dilakukan perhitungan konsumsi bahan bakar, untuk emisi gas buang kendaraan bermotor berupa CO dan HC dianalisis dengan menggunakan gas analyzer. Analisis data ini menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul setelah diberikan perlakuan selama penelitian, dengan penyajian data berupa tabel, grafik dan perhitungan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan performa dan emisi kendaraan bermotor yang dihasilkan oleh variasi campuran bahan bakar minyak terpentin dan minyak cengkeh dengan premium. Semakin besar prosentase minyak terpentin dan minyak cengkeh yang dicampurkan dengan premium maka performa semakin meningkat dan kadar emisi semakin menurun. Komposisi paling baik campuran minyak terpentin dan minyak cengkeh pada bahan bakar premium untuk daya dan torsi pada putaran 6000 rpm dihasilkan oleh PC15 dengan rata-rata daya sebesar 5258.96 W dan torsi sebesar 11.00 N-m. Konsumsi bahan bakar paling rendah dihasilkan PC15 dengan rata-rata sebesar 0.528 kg/h. Emisi gas buang kendaraan paling rendah dihasilkan oleh PC15 dengan rata-rata kadar CO sebesar 4.38% serta kadar HC sebesar 415.5 ppm. Saran yang dapat diberikan dari peneliti yaitu untuk daya, torsi, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang CO dan HC gunakan campuran minyak cengkeh. Jangan gunakan campuran PC5 dikarenakan daya dan torsi yang dihasilkan lebih rendah dibanding bahan bakar lain. Jangan gunakan bahan bakar premium dikarenakan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang CO dan HC yang dihasilkan paling tinggi dibandingkan bahan bakar lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minyak terpentin, minyak cengkeh, premium, performa, emisi
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 22 Nov 2017 16:23
Last Modified: 22 Nov 2017 16:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27699

Actions (login required)

View Item View Item