KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERBASIS HELP LED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENERANGAN


Ma’ruf Hidayatullah , 5202411032 (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERBASIS HELP LED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENERANGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202411032.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan penerapan alat peraga berbasis Help LED terhadap hasil belajar siswa materi sistem penerangan. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design. Rancangan penelitian menggunakan pola Pre test-Post test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKR SMK Al-Fattaah Boarding School Demak sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XI TKR 1 dan XI TKR II. Alat peraga berbasis Help LED adalah media peraga berupa stand sistem penerangan sepeda motor dengan bantuan rangkaian lampu LED yang memiliki kesamaan cara kerja dan fungsi pada kendaraan sebenarnya. Help diartikan sebagai bantuan yang akan membantu siswa melakukan praktik pada mata pelajaran sistem Kelistrikan materi sistem penerangan sehingga siswa dapat dengan mudah menguasai materi pembelajaran. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah ≥ 75% siswa kelompok eksperimen mencapai nilai KKM yaitu 75. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa indikator keberhasilan pada penelitian ini telah tercapai yaitu ketuntasan hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai 90% sedangkan kelas kontrol hanya 60%. Hasil belajar siswa kemudian dianalisis menggunakan uji t dan didapatkan thitung 3,99, sedangkan ttabel 1,68. thitung > t tabel maka hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan alat peraga berbasis Help LED pada materi sistem penerangan efektif diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Help LED, hasil belajar, sistem penerangan
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 22 Nov 2017 16:23
Last Modified: 22 Nov 2017 16:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27697

Actions (login required)

View Item View Item