PERBEDAAN KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN KEPEKATAN GAS BUANG MESIN DIESEL MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR SOLAR DAN CAMPURAN SOLAR DENGAN MINYAK CENGKEH


Milad Falah Kamajaya , 5202411027 (2016) PERBEDAAN KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN KEPEKATAN GAS BUANG MESIN DIESEL MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR SOLAR DAN CAMPURAN SOLAR DENGAN MINYAK CENGKEH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202411027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan konsumsi bahan bakar dan kepekatan gas buang mesin diesel menggunakan bahan bakar solar dan campuran solar dengan minyak cengkeh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu, melakukan uji coba untuk mengetahui hasil konsumsi bahan bakar dan kepekatan gas buang mesin diesel menggunakan bahan bakar campuran solar ditambah minyak cengkeh dengan perbandingan campuran 98:2%, 96:4%, dan 94:6%. Data hasil pengujian yang diperoleh dibandingkan dengan data hasil pengujian menggunakan bahan bakar solar murni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar mesin diesel menggunakan bahan bakar campuran solar dengan minyak cengkeh lebih irit dan prosentase kepekatan gas buang lebih rendah dibandingkan menggunakan solar murni. Berdasarkan hasil pengujian, pada perbandingan campuran 98:2% mendapatkan hasil terbaik terkait konsumsi dan perbandingan 96:4% merupakan perbandingan terbaik untuk hasil dari kepekatan gas buang dibandingankan dengan campuran lainnya dan solar murni.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konsumsi bahan bakar, kepekatan gas buang, minyak cengkeh.
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 22 Nov 2017 16:22
Last Modified: 22 Nov 2017 16:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27696

Actions (login required)

View Item View Item