STRATEGI ADAPTASI SISWA LINTAS MINAT MIPA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI (STUDI KASUS SMA N 6 SEMARANG)


Riska Putri Ratna Dewi , 3401412025 (2016) STRATEGI ADAPTASI SISWA LINTAS MINAT MIPA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI (STUDI KASUS SMA N 6 SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412025.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (615kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi adaptasi siswa MIPA yang mendapatkan mata pelajaran sosiologi di program lintas minat,di mana di dalam program lintas minat siswa tidak di berikan kesempatan untuk memilih sendiri mata pelajaran yang sesuai dengan minatnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1)mendapatkan gambaran mengenai proses dalam menentukan pelajaran di dalam program lintas minat MIPA.(2) mendapatkan gambaran mengenai permasalahan yang dihadapi siswa MIPA yang mendapatkan mata pelajaran sosiologi di program lintas minat. (3) mendapatkan gambaran tentang usaha siswa dalam mengatasi kesulitan mengikuti mata pelajaran sosiologi di program lintas minat. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMA N 6 Semarang. Subjek penelitian yaitu siswa MIPA yang mendapatkan mata pelajaran sosiologi di kelas lintas minat. Informan utama penelitian yaitu 7 siswa MIPA yang terdiri dari 3 siswa MIPA kelas XI dan 4 siswa MIPA kelas X . Informan pendukung terdiri dari 1 waka kurikulum, 1 waka kesiswaan dan 1 guru mata pelajaran sosiologi yang mengajar di kelas MIPA. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) mata pelajaran di program lintas minat ditentukan oleh sekolah dan siswa tidak diberikan kebebasan untuk bisa memilih mata pelajaran yang sesuai dengan minatnya, 2) hambatan yang dialami siswa MIPA dalam mengikuti mapel sosiologi seperti : pelajaran sosiologi yang cenderung membosankan, siswa kurang termotivasi dan berminat serta beban belajar yang terlalu berat. 3) usaha yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan ada 2 usaha yaitu usaha dari siswa maupun dari guru mapel. Mengacu hasil penelitian yang telah dikemukakan oleh penulis, saran yang penulis rekomendasikan untuk kebaikan bersama yaitu sebaiknya dari pihak sekolah memberikan kesempatan dan kebebasan bagi siswa sendiri untuk bisa memilih mata pelajaran yang sesuai dengan minatnya, bagi guru mapel sebaiknya lebih memberikan media dan metode yang menyenangkan supaya siswa MIPA lebih berminat mengikuti pelajaran sosiologi dan bagi siswa MIPA setidaknya lebih menerima pelajaran yang diberikan karena pada dasarnya semua pelajaran penting untuk di pelajari

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Adaptasi, Lintas Minat, Siswa MIPA
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2017 12:57
Last Modified: 22 Nov 2017 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27692

Actions (login required)

View Item View Item