KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON-EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR SISTEM INJECTOR NOZZLE DAN GLOW PLUG SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA


Andriawan Susanto , 5202411008 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON-EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR SISTEM INJECTOR NOZZLE DAN GLOW PLUG SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202411008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar kompetensi dasar sistem injector nozzle dan glow plug pada siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 2 Boja Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2015/2016 yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran examples non-examples untuk penelitian. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran examples non-examples yang mengajak siswa untuk ikut berfikir kritis dengan mendeskripsikan gambar atau video yang ditampilkan sesuai materi kompetensi dasar sistem bahan bakar diesel serta digunakan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran examples non-examples dibandingkan dengan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis pre-test-post-test control group design, yaitu adanya pre-test dan post-test pada kelompok kontrol dan pada kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kompetensi dasar sistem injector nozzle dan glow plug dilihat dari nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan penelitian diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 50,28 sedangkan post-test sebesar 82,64. Pada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai pre-test 53,97 sedangkan post-test sebesar 78,24. Dilihat dari data di atas menunjukan adanya efektivitas pada model pembelajaran examples non-examples dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar mata pelajaran sistem bahan bakar diesel kompetensi dasar sistem injector nozzle dan glow plug dengan menggunakan model pembelajaran examples non-examples meningkat secara signifikan dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Examples Non-Examples, Hasil Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 22 Nov 2017 13:43
Last Modified: 22 Nov 2017 13:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27689

Actions (login required)

View Item View Item