PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EDUCATION GAMES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR MATERI HAND TOOLS DAN POWER TOOLS


Burhanudin Mey Setya Nugraha , 5202411004 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EDUCATION GAMES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR MATERI HAND TOOLS DAN POWER TOOLS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202411004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang mengoptimalkan keterlibatan siswa untuk menganalisis dan memecahkan masalah. Kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dipadukan dengan media permainan edukasi memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penilitian ini adalah untuk membuktikan ada peningkatan hasil belajar pada materi hand tools dan power tools dengan menerapkan model problem based learning berbantuan education games. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasy experiment, karena dalam desain ini peneliti tidak sepenuhnya mengendalikan semua variabel luar yang mempengaruhi eksperimen. Prosedur penelitian yang digunakan adalah jenis nonequivalent control group design, Penggumpulan data menggunakan pre-test dan post-test dengan analisis data menggunakan analisis statistik dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa rata – rata hasil belajar materi hand tools dan power tools pada kelompok eksperimen yang semula 59,31 menjadi 85,01 atau terjadi peningkatan sebesar 43,33%, sedangkan pada kelompok kontrol yang semula memiliki rata – rata sebesar 64,03 menjadi 74,92 atau terjadi peningkatan sebesar 17%. Hasil penghitungan analisis data tersebut menunjukkan penerapan problem based learning berbantuan education games dapat meningkatkan hasil belajar dalam materi hand tools dan power tools. Bagi guru, penggunaaan penerapan model problem based learning berbantuan education games dapat menjadi salah satu solusi alternatif peningkatan kualitas pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, education games, problem based learning, hand tools dan power tools.
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 22 Nov 2017 13:39
Last Modified: 22 Nov 2017 13:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27688

Actions (login required)

View Item View Item