PENGARUH PREVENTIVE MAINTENANCE TERHADAP HASIL PRODUKSI PADA PROSES PRODUKSI MESIN AREA LINE D DI PT. TRIANGLE MOTORINDO


Dede Sudrajat , 5201412080 (2016) PENGARUH PREVENTIVE MAINTENANCE TERHADAP HASIL PRODUKSI PADA PROSES PRODUKSI MESIN AREA LINE D DI PT. TRIANGLE MOTORINDO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201412080.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Preventive maintenance merupakan perawatan yang dilakukan terjadwal, umumnya secara periodik, dimana sejumlah tugas pemeliharaan seperti inspeksi, perbaikan, penggantian, pembersihan, pelumasan dan penyesuaian dilaksanakan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa banyak pengaruh dari kegiatan preventive maintenance pada mesin-mesin produksi suatu perusahaan terhadap hasil produksi mesin pada area line d. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian survei, teknik ex post facto dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik analisis data statistik inferensial parametris. Pada penelitian ini peneliti mencoba menganalisis pengaruh preventive maintenance terhadap hasil produksi mesin di PT. Triangle Motorindo sehingga diharapkan mampu memberikan saran perbaikan untuk kegiatan preventive maintenance yang akan datang. Data yang digunakan dalam peneltian ini adalah data-data preventive maintenance dan hasil produksi di area line d dari bulan Januari 2015 sampai dengan Juli 2016. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh preventive maintenance terhadap hasil produksi sebesar 38,44% dan sisanya 61,56 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh preventive maintenance terhadap hasil produksi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada faktor-faktor lain yang ikut mempengaruhi didalamnya yang masih belum diteliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Preventive, maintenance, hasil, produksi, mesin, line d
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 22 Nov 2017 13:10
Last Modified: 22 Nov 2017 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27685

Actions (login required)

View Item View Item