PENGARUH LATIHAN SINGLE MULTIPLE JUMP DAN DOUBLE MULTIPLE JUMP TERHADAP HASIL TENDANGAN JAUH PADA SISWA SSB PUTRA MUSTIKA BLORA


Septian Dwi Indrayanto, 6301408075 (2015) PENGARUH LATIHAN SINGLE MULTIPLE JUMP DAN DOUBLE MULTIPLE JUMP TERHADAP HASIL TENDANGAN JAUH PADA SISWA SSB PUTRA MUSTIKA BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301408075.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Menendang dalam permainan sepakbola adalah suatu usaha untuk memindahkan bola dari satu titik ke titik lain dengan menggunakan kaki. Menendang dalam penelitian ini adalah melakukan tendangan bola jarak jauh melambung menggunakan punggung kaki bagian dalam sejauh-jauhnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh latihan single multiple jump terhadap hasil tendangan jauh dalam permainan sepakbola pada SSB Putra Mustika Blora? 2) apakah ada pengaruh latihan double multiple jump terhadap hasil tendangan jauh pada siswa SSB Putra Mustika Blora? 3) mana yang lebih baik hasilnya antara latihan single multiple jump dan double multiple jump terhadap hasil tendangan jauh pada siswa SSB Putra Mustika Blora? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan pola matching subject design atau M-S. Instumen tes menggunakan tes tendangan jauh. Populasi penelitian ini adalah pemain SSB Putra Mustika Blora yang berjumlah 72 pemain. Sedangkan teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sample. Sampel penelitian ini adalah pemain SSB Putra Mustika kelompok usia 15 tahun yang berjumlah 30 orang. Sample ini dibagi dua kelompok berdasarkan hasil tes awal. Kelompok eksperimen I dan kelompok eksperimen II, masing – masing kelompok berjumlah 15 orang. Kelompok eksperimen I melakukan latihan single multiple jump dan kelompok eksperimen II melakukan latihan double multiple jump. Perlakuan diberikan selama 14 kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pola M-S, atau analisis data menggunakan rumus statistik t-test dengan menggunakan rumus pendek (short method). Setelah data dianalisis, diperoleh nilai t hitung sebesar 2,827 dengan harga t tabel dengan tarif signifikan 5% N 15 sebesar 2.145 . dan dari hasl analisis, rata-rata menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen II sebesar 35,33 dan kelompok eksperimen I sebesar 33,64, hal ini membuktikan bahwa melalui treatment latihan double multiple jump lebih baik daripada latihan single multiple jump. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil latihan single multiple jump dan double multiple jump terhadap hasil tendangan jauh pada SSB Putra Mustika Blora dan bentuk latihan single multiple jump terhadap hasil tendangan jauh lebih baik daripada latihan double multiple jump. Saran yang dapat diajukan penulis adalah bahwa untuk latihan tendangan jauh lebih baik menggunakan latihan single multiple jump dan bagi peneliti, pelatih, dan pembina olahraga khususnya dalam sepakbola akan melakukan penelitian sejenis, sebaiknya menggunakan hasil penelitian ini dan penelitian terdahulu sebagai referensi sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil tendangan jauh, single multiple jump, double multiple jump
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 21 Nov 2017 19:34
Last Modified: 21 Nov 2017 20:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27671

Actions (login required)

View Item View Item