MANAJEMEN ORGANISASI DAN PEMBINAAN PRESTASI SEPAKBOLA DI PERSITEMA TEMANGGUNG TAHUN 2015


Andra Hermawan , 6301411146 (2016) MANAJEMEN ORGANISASI DAN PEMBINAAN PRESTASI SEPAKBOLA DI PERSITEMA TEMANGGUNG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411146.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sepakbola merupakan olahraga paling di popular dan digemari di seluruh dunia. termasuk di Indonesia. Persitema merupakan satu-satunya klub Profesional yang ada di Kabupaten Temanggung. Manajemen dari sebuah tim perlu mendapatkan perhatian yang khusus. Karena manajemen salah satu faktor untuk pencapaian prestasi. Adanya penurunan prestasi di beberapa tahun terakhir perlu dilakukan penelitian sejauh mana manajemen organisasi dan pembinaan prestasi yang dilakukan Persitema Temanggung. Permasalahan dari peneliian ini adalah1) bagaimana manajemen dan organisasi sepakbola Persitema ?, 2) bagaimana pelaksanaan pembinaan prestasi sepakbola di Persitema?, 3) bagaimana prestasi yang diraih Persitema? Penelitian di lakukan di klub Persitema Temanggung pada tanggal 16 sampai 20 September 2015 merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara diskriptif sesuai data yang diperoleh di lapangan secara langsung. Subyek penelitian meliputi Manajer, staf kepelatihan dan organisasi supporter Tasmania. Hasil penelitian 1) Manajemen Organisasi Persitema Temanggung sudah cukup bagus, dimana setiap pengurus sudah menjalankan setiap tugas dan fungsinya. 2) Pembinaan prestasi yang dilakukan Persitema Temanggung tidak berjalan baik dan maksimal karena belum mampu dilaksanakan secara kontinyu. 3) Prestasi yang dicapai Persitema kurang memuaskan. Kesimpulan penelitian bahwa Organisasi dan manajemen Persitema Temanggung secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan selalu adanya evaluasi dan koordinasi setiap pelaksanaan kegiatan. Komunikasi dan hubungan antara pihak manajemen, pelatih, pemain terjalin dengan baik, pemenuhan kewajiban dari pihak manajemen kepada pelatih dan pemain selama ini berjalan dengan baik. Kendala utama yang dialami oleh Persitema Temanggung selama ini yaitu masalah keuangan. Dana yang ada selama ini belum mampu mengakomodir seluruh kegiatan dan program dari Persitema, sehingga pembinaan prestasi yang dilakukan tidak berjalan dengan maksimal dan berkesinambungan dengan baik. Saran peneitian adalah Proses pembinaan harus di tindak lanjuti dan harus di tingkatkan lagi, dengan melakukan pembinaan yang berjenjang dan berkesinambungan, manajemen tim Persitema harus mencari cara untuk meyakinkan kepada para owner perusahan dan para pengusaha agar mau menjadi sponsorship resmi dari klub Persitema, Persiapan atau pembentukan tim harus di lakukan jauh-jauh hari sebelum kompetisi dimulai, dan Sarana dan prasarana harus dilengkapi guna menunjang prestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Organisasi, Pembinaan, Prestasi, Sepakbola
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2017 18:59
Last Modified: 21 Nov 2017 18:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27668

Actions (login required)

View Item View Item